Pengembangan Sistem Antrean Berbasis Android pada Layanan Administrasi di Universitas Teknologi Yogyakarta

Syaiful, Ahmad and Fachrie, Muhammad Pengembangan Sistem Antrean Berbasis Android pada Layanan Administrasi di Universitas Teknologi Yogyakarta. Komputika: Jurnal Sistem Komputer.

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
artikel - published version.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover jurnal, daftar isi, dewan redaksi)
vol9no2.pdf - Supplemental Material

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review - Komputika 2020.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Panjangnya antrean di sebuah loket penyedia layanan tentunya membuat para pengguna layanan tidak nyaman, bosan, bahkan kelelahan selama menunggu. Selain itu, waktu yang terbuang pun cukup banyak selama menunggu antrean. Ketidakpastian waktu dalam menunggu giliran pun seringkali menimbulkan masalah bagi pengguna layanan yang seringnya berujung pada tidak terlayaninya para pengantre karena jam layanan sudah berakhir. Hal ini pula yang terjadi pada beberapa layanan administrasi di Universitas Teknologi Yogyakarta, di mana mahasiswa harus antre panjang di loket-loket bank yang ada di kampus ataupun loket Bagian Keuangan sekadar untuk membayarkan uang kuliah atau melakukan validasi pembayaran. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami membahas mengenai pengembangan aplikasi berbasis Android yang berfungsi untuk membantu penyedia layanan dalam mengelola antrean, serta memudahkan para pengantre dalam mengambil nomor antrean dan mendapatkan estimasi waktu menunggu giliran untuk mendapatkan layanan. Aplikasi tersebut dikembangkan menggunakan Android Studio dengan memanfaatkan basis data Firebase milik Google untuk menunjang kemudahan pengembangan aplikasi. Untuk mengukur kelayakan penggunaan aplikasi, maka pengujian pada beberapa perangkat berbeda pun telah dilakukan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, aplikasi mampu memberikan informasi mengenai kepadatan antrean, estimasi waktu mengantre, dan notifikasi untuk mengingatkan pengguna yang sedang mengantre. Kata Kunci – antrean, sistem antrean, pelayanan umum, aplikasi mobile, Android

Item Type: Article
Depositing User: S.T., M.Cs Muhammad Fachrie
Date Deposited: 22 Jul 2021 12:41
Last Modified: 05 Jan 2022 00:41
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item