Sistem Rekomendasi Pemilihan Produk Batik menggunakan Metode Content Based Filtering Berbasis Website (Studi Kasus: Batik Wening Yogyakarta)

Wijaya, Bagas Panji (2021) Sistem Rekomendasi Pemilihan Produk Batik menggunakan Metode Content Based Filtering Berbasis Website (Studi Kasus: Batik Wening Yogyakarta). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5170311057_BAGAS PANJI WIJAYA_ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode CBF Sebagai Salah Satu Pendukung Keputusan Berbasis Website (Studi Kasus : Batik Wening Yogyakarta) Bagas Panji Wijaya, Iwan Hartadi, S.T., M.Kom Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains & Teknologi Universitas Teknologi Yogykarta Jl. Ringroad Utara Jombor Sleman Yogyakarta E-mail : bagaspanjiwijaya@gmail.com, iwanhtu31@gmail.com, ABSTRAK Batik Wening adalah salah satu pelopor Butik Batik modern dan tradisional yang ada di Yogyakarta. Batik Wening melayani pembeli mulai dari warga lokal, turis asing, pembeli satuan dan juga melayani pembelian lusinan untuk para reseller. Namun, Batik Wening masih mengandalkan penjualan melalui penjualan offline, sehingga pengenalan produk dari Batik Wening masih terbilang kurang. Pada Web yang akan kami bangun ini, diharapkan Batik Wening dapat memanfaatkan Web ini sebagai media untuk pengenalan produk-produk terbaik mereka serta membantu dalam melayani proses transaksi pembelian secara online. Sehingga akan tercipta sebuah rasa kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi jual-beli pada Batik Wening. Dengan dibangunnya web penjualan ini, pemilik perusahaan juga akan mengetahui laporan transaksi penjualan yang telah terjadi serta mengetahui laporan barang dan jenis pakaian apa saja yang paling laku di pasaran dan pakaian apa saja yang jarang terjual sehingga dapat dilakukan perbaruan pakaian.Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu System Developmen Life Cyce (SDLC) dengan model proses waterfall. Serta terdapat sistem rekomendasi yang diimplementasikan sebagai sarana guna mempermudah konsumen dalam pemilihan produk dan dapat meningkatkan jumlah penjualan pada Batik Wening. Sistem rekomendasi yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan metode Content Based Filtering (CBF). Dalam penelitian ini selain memaparkan kajian teori yang digunakan sebagai dasar penyusunan juga akan dibahas mengenai perancangan sistem dan pembuatan website penjualan pada Batik Wening Yogyakarta. Sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam sebuah produk yang akan mempermudah proses transaksi penjualan pada Batik Wening. Kata kunci : Sistem Informasi, Penjualan, Berbasis Website, Sistem Rekomendasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Kaprodi S1 Sistem Informasi UTY
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:31
Last Modified: 19 Nov 2021 03:31
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item