ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PUSAT PERBELANJAAN DI KAWASAN PASAR BARU LABUHA KEC, BACAN TIMUR, MALUKU UTARA TRAFFIC IMPACT ANALYSIS DUE TO A SHOPPING CENTER IN MARKET NEW AREA, LABUHA KEC, BACAN TIMUR, NORTH MALUKU

Sapteno, Jean Eunike and Setiawan, Danny (2021) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PUSAT PERBELANJAAN DI KAWASAN PASAR BARU LABUHA KEC, BACAN TIMUR, MALUKU UTARA TRAFFIC IMPACT ANALYSIS DUE TO A SHOPPING CENTER IN MARKET NEW AREA, LABUHA KEC, BACAN TIMUR, NORTH MALUKU. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5160811159_Jean Eunike Sapteno DONE.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Labuha merupakan kawasan mandiri yang terletak di kabupaten Halmahera Selatan yang mempunyai pertumbuhan penduduk dan transportasi, yang sangat pesat. Dengan demikian adanya penelitian ini untuk Mengetahui berapa besar dampak lalulintas yang ditimbulkan akibat adanya pusat perbelanjaan dikawasan pasar baru Labuha. Berdasarkan atas pendataan dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut : Pada ruas jalan Oesman Syah pada tahun 2021 derajat kejenuhannya adalah 0,18 dengan volume lalu lintas sebesar 748 SMP/jam, dengan adanya MTC maka jalan Oesman Syah akan terbebani sebesar 12% atau sebesar 134 SMP/jam. Pada ruas jalan Pasar Baru Labuha pada tahun 2021 derajat kejenuhannya adalah 0,30 dengan volume lalu lintas 1,495 SMP/jam, dengan adanya MTC maka jalan Pasar Baru Labuha akan terbebani sebesar 7 % atau sebesar 105 SMP/jam Pada ruas jalan Pantai Mongga pada tahun 2021 derajat kejenuhannya adalah 0,14 dengan volume lalu lintas sebesar 692 SMP/jam, dengan adanya MTC maka jalan Pantai Mongga akan terbebani sebesar 10.9 % atau sebesar 75,63 SMP/jam Kata Kunci : Analisis,Transportasi Labuha is an independent area located in South Halmahera district which has very rapid population growth and transportation. This study is to find out how much traffic impact is caused by the existence of a shopping center in the Labuha new market area. Based on the data collection and data analysis that has been carried out, several conclusions can be drawn as follows: On the Oesman Syah road segment in 2021 the degree of saturation is 0.18 with a traffic volume of 748 SMP/hour, with the MTC, the Oesman Syah road will burdened by 12% or 134 SMP/hour. On the Pasar Baru Labuha road segment in 2021 the degree of saturation is 0.30 with a traffic volume of 1,495 SMP/hour, with the MTC, the Pasar Baru Labuha road will be burdened by 7% or 105 SMP/hour On the Pantai Mongga road in 2021 the degree of saturation is 0.14 with a traffic volume of 692 SMP/hour, with the MTC, the Pantai Mongga road will be burdened by 10.9% or 75.63 SMP/hour Keywords: Analysis, Transportation

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:24
Last Modified: 04 Jan 2022 08:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item View Item