Saputra, Adi Kurniawan and Trimarstuti, Jeki (2021) PENERAPAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA UNIT KECAMATAN DI KOTA PEKALONGAN. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
|
Text
5161511042 - ADI KURNIAWAN SAPUTRA - Abstrak.pdf Download (589kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Seiring berkembangannya era reformasi yang begitu pesat menuntut perbaikan dan proses demokrasi yang bersih dalam penyelenggaraan sistem pelayanan birokrasi pemerintah yang akuntabel yang menyangkut pelayanan publik. Good Governance menjadi slogan yang sejak lama selalu dituntut keberhasilannya dalam sistem pelayanan birokrasi pemerintahan. Terutama penyelenggaraan pelayanan publik yang terdapat di pemerintahan Kota Pekalongan. Lokasi dalam penelitian ini adalah di pelayanan umum pada ke-empat (4) Kecamatan di Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi penerapan Good Governance pada unit pelayanan publik Kota Pekalongan dan kualitas Pelayanan Publik yang diberikan Pemerintah di level kecamatan kepada masyarakat. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tujuan agar lebih mampu mengeksplorasi permasalahan dan model penyelenggaraan Pelayanan Publik yang telah dilakukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa secara deskriptif, penerapan Good Governance yang diamati dari aspek transparansi dan akuntabilitas secara umum telah diterapkan dalam penyelenggaraan organisasi di empat Kecamatan pada Kota Pekalongan. Penyelenggaraan pelayanan publik yang diamati dari 9 aspek atau unsur pada empat unit Kecamatan di Kota Pekalongan bisa dikatakan relatif sudah cukup baik dalam pelaksanaannya. Secara umum permasalahan yang didapatkan dari hasil keseluruhan aspek/unsur yang diamati yang terjadi pada empat kecamatan, menyangkut unsur poin ke-6 kompetensi pelaksana, unsur poin ke-8 penanganan pengaduan, dan unsur poin ke-9 sarana prasarana. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip Good Governance melalui penyelenggraan pelayanan publik pada level Kecamatan di Kota Pekalongan telah memberikan hasil yang positif dan dampak yang baik bagi masyarakat, serta dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi pihak instasi pemerintahan Kota Pekalongan dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik yang menuju program Smart Goverment. Kata Kunci: Good Governance, Pelayanan Publik, Kota Pekalongan IMPLEMENTATION OF GOOD GOVERNANCE TO PUBLIC SERVICES IN SUB-DISTRICT UNITS IN PEKALONGAN CITY Adi Kurniawan Saputra*), Jeki Trimarstuti2) 1) Urban and Regional Planning Study Program, Faculty of Science and Technology, University of Technology Yogyakarta ABSTRACT The rapid development of the reform era demands improvements and a clean democratic process in the administration of an accountable government bureaucratic service system that involves public services. Good Governance has become a slogan that has long been demanded for its success in the government bureaucratic service system, especially the implementation of public services in the Pekalongan City government. The location in this study is in public services in the four sub-districts in Pekalongan City. The purpose of this study was to describe the conditions of the application of Good Governance in the public service unit of Pekalongan City and the quality of public services provided by the government at the sub-district level to the community. The research method used is a qualitative method with the aim of being able to explore problems and models of the implementation of public services that have been carried out. In collecting data, researchers used interviews, observation, and documentation. The research findings show that descriptively, the implementation of Good Governance which is observed from the aspect of transparency and accountability has generally been applied in the organization of the four sub-districts in Pekalongan City. The implementation of public services observed from 9 aspects or elements in four sub-district units in Pekalongan City can be said to be relatively good in implementation. In general, the problems obtained from the results of the overall aspects/elements observed that occurred in the four sub-districts involved the 6th point of implementing competence, the 8th point of complaint handling, and the 9th point of infrastructure. From this study it can be concluded that the application of the principles of Good Governance through the implementation of public services at the sub-district level in Pekalongan City has given positive results and good impacts for the community, and can be used as a benchmark for the Pekalongan City government agencies in the implementation of public services towards Smart Government programs. Keywords: Good Governance, Public Service, Pekalongan City
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Kaprodi S1 PWK UTY |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:57 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9107 |
Actions (login required)
View Item |