SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN BERAS MISKIN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN K-MEAN CLUSTERING (Studi Kasus : Desa Purwasari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)

Haryanto, Feli (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN BERAS MISKIN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN K-MEAN CLUSTERING (Studi Kasus : Desa Purwasari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
isi.docx

Download (2MB)

Abstract

Program bantuan beras miskin bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu, sehingga dalam proses penyaluran harus benar-benar tepat pada sasaran atau kepada masyarakat yang memang seharusnya mendapatkan bantuan tersebut. Penilaian kriteria kemiskinan berdasarkan kiteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah meliputi beberapa aspek diantaranya pendapatan dan asset, sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan sosial. Dalam sistem pendukung keputusan pemilihan penerimaan bantuan beras miskin di Desa Purwasari menggunakan beberapa metode yang digunakan, yaitu metode Simple Additive Weighting dan K-Mean Clustering. Proses yang berjalan pada sistem pendukung keputusan pemilihan penerima bantuan beras miskin adalah melakukan penilaian dari masing-masing alternatif dengan cara menghitung bobot dari masing-masing kriteria yang didapat mengunakan metode Simple Additive Weighting. Setelah didapatkan nilai hasil perhitungan langkah selanjutnya adalah melakukan pengelompokan menggunakan metode K-Mean Clustering untuk membagi tingkat kemiskinan menjadi tiga kelompok yaitu fakir miskin, miskin dan rentan miskin. Sehingga pengambil keputusan akan lebih mudah dalam menentukan penerima bantuan beras miskin yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 06:40
Last Modified: 13 Mar 2018 06:40
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item