IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK MENILAI KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN (KREDIT) BERBASIS DESKTOP (Studi Kasus: KSP Utama Karya Semarang)

Fahrizaldi, Ahmad Fanni (2018) IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK MENILAI KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN (KREDIT) BERBASIS DESKTOP (Studi Kasus: KSP Utama Karya Semarang). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
naskah publikasi PRINT.docx

Download (2MB)

Abstract

Koperasi Simpan pinjam Utama Karya merupakan koperasi yang bergerak dalam usaha perkreditan yang menyediakan pinjaman atau kredit sebagai mana koperasi pada umumnya, pinjaman atau kredit yang diberikan bunga cukup rendah dan dengan yang ringan. Sehingga koperasi sebagai badan usaha yang bertujuan mensejahterakan peminjam dan masyarakat umumnya memiliki peranan penting dalam pendapatan per kapita masyarakat, setiap masyarakat dapat menjadi peminjam koperasi dan memperoleh manfaat dari koperasi apabila mereka membayar iuran pada setiap tahunnya. Untuk menjunjang itu perlu sebuah sistem pendukung keputusan. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan, salah satunya adalah penentuan kelayakan peminjam penerima kredit. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu sistem pendukung keputusan diantaranya Simple Additive Weighting (SAW). SAW merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria, seperti dalam memberikan penilaian kelayakan pinjaman kredit. Penelitian ini menggunakan metode SAW dalam menentukan kelayakan kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Utama Karya Semarang. Dalam penentuan kelayakan kredit, ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan antara lain jaminan, pinjaman, angsuran, jangka waktu, usia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 06:41
Last Modified: 13 Mar 2018 06:41
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item