IMPLEMENTASI METODE LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA (Studi Kasus: SMA NEGERI 1 Cikalong Tasikmalaya)

Herliana, Rizkigus (2018) IMPLEMENTASI METODE LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA (Studi Kasus: SMA NEGERI 1 Cikalong Tasikmalaya). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH-PUBLIKASI.docx

Download (2MB)

Abstract

SMA Negeri 1 Cikalong merupakan SMA Negeri yang berstatus sebagai rintisan sekolah kategori mandiri berakreditasi A. SMA Negeri 1 Cikalong menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memiliki jumlah kelas sebanyak 11 kelas parallel dari kelas X, dan kelas XI dan kelas XII yang terdiri dari 2 kelas program Ilmu Pengetahuan Alam dan 2 kelas program Ilmu Pengetahuan Sosial. Dilihat dari segi waktu, proses pemilihan jurusan yang masih berjalan di SMA Negeri 1 Cikalong membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu proses pemilihan jurusan tersebut memungkinkan terjadinya kesalahan pemilihan jurusan yaitu jurusan yang ditentukan oleh guru yang tidak sesuai dengan minat dan nilai siswa. Oleh karena itu melalui implementasi metode fuzzy tsukamoto dengan proses fuzzyfikasi, inferensi dan defuzzyfikasi dengan memperhatikan nilai siswa sehingga di proses secara aturan fuzzy tsukamoto. Sistem ini dirancang menggunakan DAD (Diagram Alir Data), ERD (Entity Relationship Diagram), diagram jenjang dan database MySQL. Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan HTML(Hypertext Markup Language), PHP (Personal Home Page), Javascript, dan CSS (Cascading Style Sheet), hasil yang didapat dari pembangunan sistem penjurusan menggunakan metode fuzzy tsukamoto adalah sebuah website untuk menentukan jurusan siswa sehingga dapat membantu kinerja guru menjadi lebih cepat dalam hal waktu dan lebih mudah dalam penentuan jurusan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 07:15
Last Modified: 13 Mar 2018 07:15
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item