MEMBANGUN APLIKASI SIMULASI INTEGRASI MULTI DATABASE SISTEM PENDAFTARAN UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI DAN SISTEM PEMBAYARAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Purworejo)

SUHENDAR, AZIZ (2018) MEMBANGUN APLIKASI SIMULASI INTEGRASI MULTI DATABASE SISTEM PENDAFTARAN UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI DAN SISTEM PEMBAYARAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Purworejo). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi Aziz Suhendar 5130411511.docx

Download (607kB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah banyak memudahkan pekerjaan kita dalam menyelesaikan masalah. Salah satunya adalah teknologi web service untuk proses komunikasi data. Penerapan web service memiliki beberapa keuntungan yaitu komunikasi data melalui http atau internet protocol yang terbuka. Web service dibangun berdasarkan text base document dengan format xml, sehingga untuk komunikasi data relative lebih ringan dibandingan dengan aplikasi yang mengakses langsung database melalui suatu jaringan. Dalam sistem pendaftaran ujian masuk perguruan tinggi, web service merupakan sarana utama yang digunakan dalam pertukaran database. Disamping sebagai sarana pertukaran data dan integrase aplikasi, web service juga digunakan sebagai business layer dalam sistem pendaftaran ujian masuk perguruan tinggi. Di dalam business layer inilah bisnis proses layer aplikasi dituangkan sehingga aplikasi menjadi lebih modular, mempermudah maintenance dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 07:16
Last Modified: 13 Mar 2018 07:16
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item