IMPLEMENTASI METODE K-MEANS PADA PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus : SMK Pembangunan Nasional Purwodadi)

Pratama, Novian Hari (2018) IMPLEMENTASI METODE K-MEANS PADA PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus : SMK Pembangunan Nasional Purwodadi). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Saat ini, belum banyak sekolah di Indonesia menyelenggarakan Penerimaan Siswa Baru berbasis komputer. Penerimaan siswa juga masih belum menggunakan perhitungan khusus agar calon siswa tidak salah masuk jurusan. Kmeans merupakan salah satu model matematis yang digunakan untuk mengelompokkan data yang awalnya acak sehingga data menjadi terstrukstur. K-Means dalam pengelompokan data sangat efisien dan tidak membutuhkan waktu yang lama dan akurasi kebenaran dari metode K-Means dapat dikatakan di atas standar. Maka dari itu, peneliti membuat aplikasi yang dapat mengklasifikasikan penerimaan siswa berdasarkan nilai (Grade) yang telah ditentukan. Adapun hasil dari penelitian yang dibuat ini berupa saran, jika siswa memilih jurusan ‘A’ sedangkan nilainya hanya termasuk di jurusan ‘B’, maka sistem akan memberikan siswa saran untuk masuk di Jurusan ‘B’. Namun jika sebaliknya, siswa dapat memilih salah satu dari jurusan dipilih dan jurusan yang diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 16:24
Last Modified: 13 Mar 2018 16:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item