SISTEM PEMESANAN PENGGUNAAN LAPANGAN FUTSAL DENGAN ALGORITMA FIRST COME FIRST SERVED BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus Bardosono Happy Futsal Yogyakarta)

Widodo, Teguh (2018) SISTEM PEMESANAN PENGGUNAAN LAPANGAN FUTSAL DENGAN ALGORITMA FIRST COME FIRST SERVED BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus Bardosono Happy Futsal Yogyakarta). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Pada Bardosono Happy Futsal Yogyakarta dalam proses pemesanan sewa lapangan saat ini masih menggunakan cara pemesanan secara konvensional, yaitu dengan mendatangi langsung ke lokasi, hal ini dapat membuang waktu konsumen, biaya dan tenaga. Pada pendataan penyewaan lapangan futsal, petugas memiliki masalah dimana setiap data pemesanan dan pembayaran harus dilaporkan pada pemilik lapangan futsal. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah sistem pemesanan penggunanan lapangan futsal berbasis website dengan tujuan untuk mempermudah konsumen dalam melakukan penyewaan lapangan futsal dan mempermudah petugas dalam proses pembuatan laporan penyewaan lapangan futsal. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL. Algoritma yang digunakan yaitu First Come First Served untuk mendukung keakuratan transaksi pemesanan jadwal penggunaan lapangan futsal, sehingga saat proses pemesanan secara online yang dilakukan oleh pelanggan, tidak terjadi pemesanan jadwal yang sama. Algoritma tersebut meprioritaskan pemesan pertama yang dilayani sampai selesai pada setiap jadwal yang dipilih, kemudian baru dilanjut pemesan berikutnya jika jadwal batal dipesan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem yang dibangun berhasil berjalan dengan baik, sehingga dapat memberikan solusi mengenai masalah yang ada di Bardosono Happy Futsal yaitu mampu menangani pemesanan penggunanan lapangan futsal secara online dan mampu mengolah data pemesanan lapangan futsal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 13 Mar 2018 16:25
Last Modified: 13 Mar 2018 16:25
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item