Meningkatkan Efikasi Diri Siswa melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavior

Aryani, Sefi and Fitria, Erlin (2022) Meningkatkan Efikasi Diri Siswa melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavior. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
BK_1_5151211007_Sefi Aryani.docx

Download (16kB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan, efikasi diri perlu dimiliki setiap siswa agar siswa mampu menggunakan potensi dirinya secara optimal. Peningkatan efikasi diri siswa dapat dilakukan melalui konseling kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) mengetahui tingkat efikasi diri siswa sebelum adanya layanan konseling kelompok, (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan konseling kelompok, (3) untuk mengetahui peningkatan efikasi diri siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Yogyakarta sebanyak 5 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan angket efikasi diri. Analisis data penelitian menggunakan uji analisis t-test. Berdasarkan hasil uji analisis bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan efikasi diri siswa dilihat dari hasil pretest 76% meningkat menjadi 95,4% artinya bahwa efikasi diri siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok. Berdasarkan hasil lembar observasi, siswa mengalami peningkatan respon dan aktivitas dalam kelompok, siswa dapat mengikuti peraturan dalam kelompok yang sudah disepakati dan mendapatkan solusi-solusi yang sesuai dengan permasalahan yang dialami. Nilai sig yang didapatkan sebesar (0,005) ≤ (0,05) artinya konseling kelompok pendekatan behavior dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI Ma’arif 1 Yogyakarta. Kata Kunci : Efikasi Diri, Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Teknik Modelling In the context of education, self-efficacy needs to be owned by every student so that students are able to use their potential optimally. Increasing students' self-efficacy can be done through group counseling. The aims of this research are; (1) to determine the level of student self-efficacy prior to the existence of group counseling services, (2) to determine the process of implementing group counseling services, (3) to determine the increase in student self-efficacy after being given group counseling services. This research method uses CAR (Classroom Action Research). The subjects of this research were 5 students of class XI SMK Ma'arif 1 Yogyakarta. Methods of data collection using the instrument of observation sheets and self-efficacy questionnaires. Analysis of research data using t-test analysis test. Based on the analysis test results that group counseling services can increase students' self-efficacy, it can be seen from the pretest results that 76% increased to 95.4%, meaning that students' self-efficacy increased after being given group counseling services. Based on the results of the observation sheet, students experienced increased responses and activities in groups, students were able to follow the rules in groups that had been agreed upon and get solutions that were in accordance with the problems experienced. The sig value obtained is (0.005) (0.05) which means that the behavior approach group counseling with modeling techniques is effective to increase the self-efficacy of students in class XI Ma'arif 1 Yogyakarta. Keywords: Self-Efficacy, Group Counseling, Behavioral Approach, Modeling Techniques

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Teknik Modelling Self-Efficacy, Group Counseling, Behavioral Approach, Modeling Techniques
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:20
Last Modified: 17 Jun 2022 08:20
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item