Sistem Penjurusan Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Metode Backpropagation

Sulistiani, Farida (2018) Sistem Penjurusan Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Metode Backpropagation. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi.docx

Download (750kB)

Abstract

Penjurusan bagi siswa SMA/MA sederajat merupakan awal dari pemilihan karir ke depannya. Hal ini dikarenakan jurusan di SMA/MA sederajat akan mengantarkan siswa pada penjurusan studi lanjut sebelum akhirnya siswa menentukan, memilih pekerjaan atau karir dimasa yang akan datang. Penjurusan SMA terdiri dari jurusan IPA, IPS dan Bahasa serta waktu penentuan jurusan pun berbeda – beda disetiap kurikulum. Kurikulum baru 2013 turut mengubah sistem pendidikan untuk setingkat sekolah menengah atas. Jaringan saraf tiruan merupakan sistem pemrosesan informasi yang mempunyai karakteristik menyerupai jaringan saraf manusia. Dimana jaringan saraf tiruan pada penelitian ini menggunakan metode yaitu Backprpagation (perambatan galat mundur) dimana metode ini merupakan salah satu algoritma jaringan saraf tiruan yang sering digunakan dalam menyelesaikan masalah – masalah yang rumit. Hal ini dimungkinkan karena jaringan dengan algoritma ini dilatih dengan menggunakan metode belajar terbimbing. Backpropagation terdiri dari tiga layer yaitu: input layer, hidden layer, dan output layer. Hasil dari penelitian dengan jaringan saraf tiruan dengan input layer 4 neuron, jumlah node pada hidden layer 5 node dan output layer 1 neuron dengan data latih 60 data mendapatkan akurasi sebesar 94.79 % dan untuk pengujian dengan 40 data sebesar 78.59 %.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:57
Last Modified: 04 Apr 2018 02:57
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item