STRATEGI PENERAPAN SMART TOURISM DI KAWASAN WISATA PANTAI SAWARNA Studi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

sulistio, andrian and Wahyuhana, Ratika Tulus (2023) STRATEGI PENERAPAN SMART TOURISM DI KAWASAN WISATA PANTAI SAWARNA Studi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5181511004_ANDRIAN SULISTIO.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Konsep Smart Tourism dalam pengembangan pariwisata sangatlah dibutuhkan mengingat bahwa saat ini berwisata telah menjadi kebutuhan banyak orang dan sudah saatnya mengoptimalkan industri pariwisata dengan sentuhan teknologi dan meningkatkan komersialisasi kawasan pariwisata melalui alternatif wisata yang lebih modern. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik sampling snowball kepada 5 informan. Analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan perumusan strategi dilakukan dengan analisis SWOT. Penelitian menunjukkan bahwa Kawasan Wisata Pantai Sawarna mempunyai potensi alam yang mendukung dan menunjang Penerapan Smart Tourism karena Kawasan Wisata tersebut Sudah Adanya Beberapa Teknologi Smart Tourism dan sering dikunjungi oleh wisatawan untuk wisata Surfing atau sekedar menikmati alam. Permasalahan Di Kawasan Wisata Pantai Sawarna dalam Penerapan Smart Tourism adalah Teknologi penunjang Smart Tourism Di beberapa objek wisata belum ada dan kurang optimal. Terdapat tiga strategi yang dihasilkan untuk mengatasi persoalan Strategi Penerapan Smart Tourism di Kawasan Wisata Pantai Sawarna meliputi 1) Meningkatkan perbaikan akses jalan yaitu jembatan untuk akses mobil, penerangan lampu jalan untuk menuju akses wisata sehingga mempermudah pengunjung yang membawa kendaraan roda empat untuk berwisata supaya lebih unggul dibandingkan objek wisata kompetitor, 2) Meningkatkan kapasitas SDM pelaku usaha pariwisata maupun pelaku wisata dengan pengenalan atau penyampaian dalam memanfaatkan teknologi Smart Tourism untuk segmen promosi yang lebih baik melalui website maupun media sosial Kawasan Wisata Pantai Sawarna, dan 3) Mengoptimalkan peran Pokdarwis supaya lebih aktif dalam Publikasi kegiatan di website dan menambah teknologi Smart Tourism yang ada di Kawasan Wisata Pantai Sawarna salah satunya, menambah Free Wifi di Kawasan Wisata Pantai Sawarna dan membuat aplikasi mobile khusus Kawasan Wisata Pantai Sawarna agar lebih optimal dalam penerapan Smart Tourism di Kawasan Wisata Pantai Sawarna. Kata Kunci : Kawasan Wisata Pantai Sawarna, Smart Tourism, Strategi Penerapan ABSTRACT The concept of Smart Tourism in tourism development is urgently needed considering that currently traveling has become a necessity for many people and it is time to optimize the tourism industry with a touch of technology and increase the commercialization of tourism areas through more modern tourism alternatives. Methods of data collection using observation, interviews, and documentation. The data collection technique in this study used the snowball sampling technique for 5 informants. The analysis uses a qualitative descriptive analysis technique and the formulation of a strategy is carried out by means of a SWOT analysis. Research shows that the Sawarna Beach Tourism Area has natural potential that supports and supports the Implementation of Smart Tourism because the Tourism Area Already Has Several Smart Tourism Technologies and is often visited by tourists for surfing tours or just enjoying nature. The problem in the Sawarna Beach Tourism Area in the Implementation of Smart Tourism is that the supporting technology for Smart Tourism in several tourist objects does not yet exist and is not optimal. There are three strategies generated to overcome the problem of the Smart Tourism Implementation Strategy in the Sawarna Beach Tourism Area including 1) Improving road access improvements, namely bridges for car access, lighting street lights to get to tourist access so that it makes it easier for visitors who bring four-wheeled vehicles to travel so that they are superior compared to competing tourist objects, 2) Increasing the HR capacity of tourism businesses and tourism actors by introducing or delivering in utilizing Smart Tourism technology for better promotion segments through websites and social media in the Sawarna Beach Tourism Area, and 3) Optimizing the role of Pokdarwis to make it more active in Publishing activities on the website and adding Smart Tourism technology in the Sawarna Beach Tourism Area, one of which is adding Free Wifi in the Sawarna Beach Tourism Area and creating a special mobile application for the Sawarna Beach Tourism Area so that it is more optimal in implementing Smart Tourism in the Sawarna Beach Tourism Area. Keywords: Sawarna Beach Tourism Area, Smart Tourism, Implementation Strategy

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Kaprodi S1 PWK UTY
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:23
Last Modified: 02 Aug 2023 02:23
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item