IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN ARSITEKTUR IKONIK PADA BANGUNAN TAMAN BUDAYA DI KOTA BALIKPAPAN

Finashtica, Febrint and Suparno, Suparno (2023) IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN ARSITEKTUR IKONIK PADA BANGUNAN TAMAN BUDAYA DI KOTA BALIKPAPAN. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911160-FEBRINT FINASTICA.pdf

Download (29kB)

Abstract

Multikultural atau Multi-Etnis di Kota Balikpapan di timbulkan karena berkembangnya perekonomian di kota Balikpapan di setiap tahunnya. Perekonomian kota yang tumbuh sangat pesat memancing banyak pendatang dan ekspatriat ke Balikpapan. Multikulturalisme merupakan padigma dalam hal kehidupan masyarakat yang didasarkan pada persatuan dan penghapusan perbedaan. Hal ini menimbulkan lunturnya minat warga setempat akan kebudayaan local dan seiringnya waktu dapat terjadi hilangnya kebudayaan setempat. Dengan Penerapan dan Implemantasi Arsitektur Ikonik pada bangunan Taman Budaya, di harapkan dapat meningkatkan nilai dan minat warga untuk menjaga, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan Kalimantan di kota Balikpapan. Perancangan Taman Budaya di Kota Balikpapan dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik menggunakan metode Pengumpulan referensi dan teori sebanyak- banyaknya. Metode perancangan ini berisi kumpulan-kumpulan referensi dan teori- teori yang akan membantu memunculkan ide-ide yang kemudian di kembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengembangkan dan mempertahankan budaya-budaya di kota Balikpapan dengan strategi pengembangan dan penerapan Arsitektu ikonik pada bangunan Taman Budaya upaya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk Kembali mengembangkan dan mempertahankan kebudayaan setempat di area yang Multi-Etnis atau Multikultural.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Multikultural, Kota Balikpapan, Arsitektur Ikonik Multicultural, Balikpapan City, Iconic Architecture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:37
Last Modified: 04 Dec 2023 02:37
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14331

Actions (login required)

View Item View Item