ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN LAMPU NABAWI DARI BAHAN KUNINGAN Studi Kasus di Usaha Kerajinan Kuningan Umar Design

Setyono, Mardi and Setiafindari, Widya (2023) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN LAMPU NABAWI DARI BAHAN KUNINGAN Studi Kasus di Usaha Kerajinan Kuningan Umar Design. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5190611185 Mardi Setyono-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)

Abstract

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN LAMPU NABAWI DARI BAHAN KUNINGAN Studi Kasus di Usaha Kerajinan Kuningan Umar Design ABSTRAK Seiring bertambahnya pesaing pengusaha Kerajinan Kuningan, pemilik usaha Kerajinan Kuningan Umar Design mulai menghadapi masalah. Masalah yang sedang dialami saat ini adalah menurunya pemesanan lampu nabawi, tercatat dari bulan Februari tahun 2022 sampai dengan bulan Februari 2023 sebesar 64%, karena kurang efisien nya penggunaan bahan baku plat kuningan jenis import Eropa dibanding plat jenis import lainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mana yang lebih layak untuk dikembangkan, dari hasil perbandingan biaya dari penggunaan plat kuningan jenis plat import Eropa dengan plat kuningan jenis plat import China pada usaha Kerajinan Kuningan Umar Design dan merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usaha dan memperluas pangsa pasar Kerajinan Kuningan Umar Design. Terdapat dua metode penelitian yang digunakan, pertama metode kelayakan usaha dari segi aspek finansial berdasarkan penilaian NPV, IRR, Net B/C Ratio dan PP. Metode kedua menggunakan analisis SWOT dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil analisis aspek finansial menunjukan bahwa penggunaan bahan plat kuningan import Eropa dengan jangka pengembalian modal 1,56 periode lebih cepat dibanding penggunaan bahan import China, nilai IRR 21,6% lebih besar dan nilai Net B/C Ratio 9,6 lebih besar, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan bahan plat kuningan import Eropa lebih layak untuk dikembangkan. Hasil analisis SWOT dari diagram cartesius menunjukan bahwa usaha berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi menguntungkan bagi usaha, kemudian hasil pencocokan Matriks (IE) total skor IFAS dan EFAS membentuk titik pada Divisi sel V, dimana Usaha Kerajinan Kuningan Umar Design dapat menggunakan strategi mempertahankan dan pemeliharaan dengan melakukan Penetrasi pasar dan pengembangan produk. Kata kunci: Kelayakan usaha, Aspek Finansal, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran ANALYSIS OF THE FINANCIAL FEASIBILITY AND MARKETING STRATEGY OF THE NABAWI LAMP CRAFT BUSINESS OF BRASS MATERIAL Case Study at Umar Design Brass Craft Business ABSTRACT With the rise in competition among brass handicraft entrepreneurs, Umar Design's brass handicraft business owners began to experience difficulties. The current issue is the 64% decrease in orders for vegetable lamps from February 2022 to February 2023, which is related to the less efficient use of imported European-type brass plate raw materials than other imported types. This study attempts to determine which is more feasible to develop, based on the cost comparison of imported European plate type brass plate with imported Chinese plate type brass plate on Umar Design Brass Crafts business, and to formulate the best strategy for business development and expanding Umar Design Brass Crafts' market share. Two research methods are used, and the first is the method of business feasibility in terms of financial aspects based on the assessment of NPV, IRR, Net B / C Ratio, and PP. The second method uses SWOT analysis with a qualitative research approach. The results of the financial aspect analysis show that the use of imported European brass plate materials with a payback period of 1.56 periods is faster than the use of imported Chinese materials, the IRR value is 21.6% greater, and the Net B / C Ratio value is 9.6 greater. As a result, it is more viable to create using imported European brass plate materials. The SWOT analysis of the cartesian diagram shows that the business is in quadrant I, which is aggressive with applying the Growth-Oriented Strategy strategy, which is a favorable situation for the business. The matching Matrix (IE), the total score of IFAS and EFAS, forms a point in cell division V, where Umar Design's Brass Craft Business can maintain and maintain by conducting market penetration and promotion. Keywords: Business feasibility, Financial Aspects, SWOT Analysis, Marketing Strategy

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:54
Last Modified: 04 Dec 2023 03:54
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item