PENERAPAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA CHILDREN’S RECREATION AND EDUCATION DI KABUPATEN CIREBON

Yuliani, Dhevani Sri and Natalia, Dita Ayu Rani (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA CHILDREN’S RECREATION AND EDUCATION DI KABUPATEN CIREBON. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5180911232-DHEVANI SRI YULIANI .pdf

Download (62kB)

Abstract

Secara historis Kabupaten Cirebon adalah salah satu kota pariwisata di Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan rekreasi dimana terdapat beberapa wisata rekreasi budaya, religi, dan edukasi. Kunjungan wisatawan di Kabupaten Cirebon setiap tahun mengalami peningkatan terus menerus. Namun, indeks pendidikan di Kabupaten Cirebon sangat rendah dengan berada pada peringkat ketiga dari bawah se-Jawa Barat Untuk mengimbangkan potensi wisata dan pendidikan yang ada di Kabupaten Cirebon, perancangan konsep wisata edukasi dengan pendekekatan Psikologi Arsitektur merupakan metode yang paling tepat. Dimana wisata edukasi ini merupakan pendidikan nonformal tentang suatu pengetahuan terkait flora dan fauna kepada wisatawan terutama anak-anak. Tujuannya adalah untuk mewadahi anak-anak dalam berekplorasi dan melatih motorik anak dibidang pendidikan melalui perjalanan wisata edukasi. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam perancangan wisata edukasi ini adalah metode deskriptif, yaitu memaparkan data-data, menguraikan, menjelaskan, baik itu data primer maupun data sekunder. Menerapkan pendekatan Psikologi Arsitektur pada Children’s Recreation and Education ini mampu berkomunikasi antara anak-anak dengan lingkungannya, dimana karakter anak-anak yaitu eksploratif, egosentris, aktif, dinamis, rasa ingin tahu tinggi, bermain sambil belajar, konsentrasi rendah, dan unik sehingga lingkungan wisata edukasi dapat mewadahi segala aktifitas anak dengan nyaman, aman, dan menyenangkan Secara historis Kabupaten Cirebon adalah salah satu kota pariwisata di Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan rekreasi dimana terdapat beberapa wisata rekreasi budaya, religi, dan edukasi. Kunjungan wisatawan di Kabupaten Cirebon setiap tahun mengalami peningkatan terus menerus. Namun, indeks pendidikan di Kabupaten Cirebon sangat rendah dengan berada pada peringkat ketiga dari bawah se-Jawa Barat Untuk mengimbangkan potensi wisata dan pendidikan yang ada di Kabupaten Cirebon, perancangan konsep wisata edukasi dengan pendekekatan Psikologi Arsitektur merupakan metode yang paling tepat. Dimana wisata edukasi ini merupakan pendidikan nonformal tentang suatu pengetahuan terkait flora dan fauna kepada wisatawan terutama anak-anak. Tujuannya adalah untuk mewadahi anak-anak dalam berekplorasi dan melatih motorik anak dibidang pendidikan melalui perjalanan wisata edukasi. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam perancangan wisata edukasi ini adalah metode deskriptif, yaitu memaparkan data-data, menguraikan, menjelaskan, baik itu data primer maupun data sekunder. Menerapkan pendekatan Psikologi Arsitektur pada Children’s Recreation and Education ini mampu berkomunikasi antara anak-anak dengan lingkungannya, dimana karakter anak-anak yaitu eksploratif, egosentris, aktif, dinamis, rasa ingin tahu tinggi, bermain sambil belajar, konsentrasi rendah, dan unik sehingga lingkungan wisata edukasi dapat mewadahi segala aktifitas anak dengan nyaman, aman, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Recreational, Educational, Psikologi Arsitektur Recreational, Educational, Psikologi Arsitektur
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:22
Last Modified: 08 Dec 2023 08:22
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item