PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA PERANCANGAN KANTOR START-UP E-COMMERCE DI KOTA YOGYAKARTA

Mahri, Abdurrahman and Dwi Setyowati, Marcelina (2023) PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA PERANCANGAN KANTOR START-UP E-COMMERCE DI KOTA YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5180911363-ABDURRAHMAN MAHRI.pdf

Download (30kB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan kota dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat di Indonesia, khususnya didunia e-commerce. Hingga saat ini banyak masyarakat yang beralih menggunakan digital platform sebagai sarana berkomunikasi bahkan berdagang. Berkaitan dengan hal tersebut, belum ada fasilitas khusus yang mewadahinya di Kota Yogyakarta, sehingga perlu dirancang sebuah kantor yang dapat menampung pelaku start-up e-commerce dalam mengembangkan usahanya. Desain kantor ini mengacu pada pendekatan arsitektur modern, dengan mengimplementasikan beberapa penerapan ruang untuk bekerja yang bersifat fleksibel bagi pengguna didalamnya. Perancangan kantor start-up e-commerce ini bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi pelaku start-up e-commerce agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kesukaan yang mereka pilih. Metode perancangan yang digunakan adalah kualitatif, yaitu berupa deskripsi atas isu yang terjadi dengan didukung literatur yang mendukung ide perancangan. Hasil rancangan kantor start-up e-commerce dengan pendekatan arsitektur modern ini dengan menerapkan five point of architecture pada rancangannya. Selain itu juga menitik-beratkan pada fleksibilitas ruang dan penggunaan struktur bentang lebar yang mendukung penerapan open office di ruangannya, dan penerapan bentuk bangunan yang sederhana untuk menekan biaya investasi pada bangunan. Yogyakarta is a city with rapid technological progress in Indonesia, especially in the world of e-commerce. Until now, many people have switched to using digital platforms as a means of communicating and even trading. In this regard, there are no special facilities to accommodate it in Yogyakarta. Therefore, it is necessary to design an office that can accommodate e-commerce start-ups in developing their business. This office design refers to a modern architectural approach, by implementing several flexible workspace applications for the users in it. The design of this e-commerce start-up office aims to provide facilities for e-commerce start-up actors so that they can be used according to their chosen preferences. The design method used is qualitative, namely in the form of description of issues occurring supported with literature of the design idea. The results is that the design of an e-commerce start-up office uses a modern architectural approach by applying the five points of architecture in its design. In addition, it also focuses on space flexibility and the use of wide-span structures that support the application of open offices in the room, and the application of simple building forms to reduce investment costs in buildings.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Modern, E-commerce, Kantor, Open Office E-commerce, Modern Architecture, Office, Open Office
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:12
Last Modified: 12 Dec 2023 02:12
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item