METODE INSTRUKTUR DALAM MENGAJAR BAHASA JEPANG DI LPK BINA INSANI MTC YOGYAKARTA

Damayanti, Setya, Suhartini, Dr., S.S., M.A. (2024) METODE INSTRUKTUR DALAM MENGAJAR BAHASA JEPANG DI LPK BINA INSANI MTC YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
3213311011_Setya Damayanti_Abstrak_Periode4_2023-2024.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui metode pengajaran bahasa Jepang dan efektifitas siswa terhadap pemahaman bahasa Jepang yang diterapkan oleh instruktur pada lembaga pendidikan nonformal LPK Bina Insani MTC Yogyakarta. Penulisan ini merupakan penulisan kualitatif. Dalam penulisan ini penulis menggunakan tiga instrumen yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penulisan ini adalah 3 orang instruktur bahasa Jepang di LPK Bina Insani MTC Yogyakarta yang terdiri dari 2 instruktur laki-laki dan 1 instruktur perempuan. Ketiga instruktur ini mengajar di kelas yang sama. Mereka sudah mengajar lebih dari 1 tahun di lembaga pendidikan nonformal ini. Hasil penulisan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Jepang, ketiga instruktur cenderung menerapkan metode ceramah, yaitu instruktur memberikan penjelasan dan pemahaman kepada siswa. Agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, maka instruktur menggunakan dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Jepang dalam menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, LPK Bina Insani MTC, Metode Pengajaran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Humaniora > D3 Bahasa Jepang
Depositing User: Kaprodi D3 Bahasa Jepang UTY
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:56
Last Modified: 21 Aug 2024 03:56
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

View Item View Item