“Pengembangan Media Scrapbook Tentang Penerimaan Diri Bagi Kelas X SMK Negeri 1 Godean” “Development of Scrapbook Media on Self-Acceptance for Class X of SMK Negeri 1 Godean”

Wahyuni, Tri (2024) “Pengembangan Media Scrapbook Tentang Penerimaan Diri Bagi Kelas X SMK Negeri 1 Godean” “Development of Scrapbook Media on Self-Acceptance for Class X of SMK Negeri 1 Godean”. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
9. 5201211014_Tri_Wahyuningsih_ABSTRAK.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari perkembangan remaja dimulai dari pembentukan kepribadian atau masa dimana remaja mulai memahami dirinya dan juga orang lain. Sikap penerimaan diri adalah ketika seseorang mengakui baik kelebihan maupun kelemahannya tanpa menyalahkan orang lain, serta memiliki dorongan yang kuat untuk terus berkembang. Pentingnya penerimaan diri ialah suatu kemampuan individu untuk dapat menerima diri sendiri merupakan fondasi bagi individu untuk merangkul segala aspek dalam hidupnya, baik yang menyenangkan maupun yang menantang, sebagai bagian dari proses pengalaman pribadi. Tujuan dari penelitian untuk pengembangan dan juga kelayakan media scrapbook tentang peenrimaan diri. Sehingga dikembangkan media dasar pengembangan scrapbook. Pengembangan media scrapbook tentang penerimaan diri pada penelitian ini telah dilakukannya analisis data sebelumnya. Masalah yang dihadapi siswa tentang mengenali diri dan memahami diri sehingga dari permasalahan tersebut di jadikan suatu layanan tentang penerimaan diri siswa. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah Research and Development (RnD). Media scrapbook ini berbentuk media non digital yang materinya berbentuk buku dengan kreatifitas dan animasi sehingga menarik minat baca siswa. Di dalam media scrapbook berisi pengertian penerimaan diri,aspek penerimaan diri, faktor dari penerimaan diri, dampak penerimaan diri, tips untuk meningkatkan penerimaan diri, afirmasi positif, kata mutiara,serta aktivitas siswa yang berisi sharing siswa dan dilengkapi dengan cerita pendek yang berkaitan dengan penerimaan diri, guna untuk refleksi dan evaluasi setelah melakukan layanan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook, dengan hasil evaluasi kelayakan oleh ahli materi 97,5%, ahli media 82,5%, ahli praktisi 92,5% dan uji coba produk terbatas pada siswa87,5%, dapat dianggap sangat cocok untuk digunakan di lapangan. Sehingga media pengembangan scrapbook tetang penerimaan diri bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Godean dinyatakan sangat layak digunakan. Manfaat dari penelitian ini menghasilkan variasi media dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Namun ada beberapa rekomendasi untuk dikembangkan media ini yaitu perlunya dikembangkan media scrapbook dalam bentuk digital dengan mengolah media scrapbook secara online atau melalui aplikasi. This study focuses on the context of adolescent development, particularly the phase of personality formation where individuals start to comprehend themselves and others. Self-acceptance entails acknowledging one's strengths and weaknesses without blaming others and possessing a solid motivation for personal growth. The significance of self-acceptance lies in its role as the cornerstone for individuals to embrace all facets of their lives, including positive and challenging experiences, as part of their growth journey. The primary aim of this research is to facilitate students' understanding of self-acceptance, leading to the creation of a foundational media tool in the form of a scrapbook. The development of this scrapbook media on self-acceptance involved a thorough analysis of existing data. By addressing students' struggles with self-recognition and self-understanding, a student self-acceptance service was crafted to provide support. The Research and Development (RnD) methodology was employed in this study. This scrapbook media is in the form of non-digital media, whose material is in the form of books with creativity and animation to attract students' reading interest. The media scrapbook contains the definition of self-acceptance, aspects of self-acceptance, factors of self-acceptance, the impact of self-acceptance, and tips for increasing self-acceptance. It is also equipped with positive affirmations, pearls, student activities that contain student sharing, and short stories related to self-acceptance to reflect on and evaluate after conducting services. From the results of the analysis, it can be concluded that the development of scrapbook media, with the results of feasibility evaluation by material experts 97.5%, media experts 82.5%, practitioner experts 92.5% and limited product trials on students 87.5%, can be considered very suitable for use in the field so that the scrapbook development media about self-acceptance for class X students of SMK Negeri 1 Godean is declared very feasible to use. The benefits of this research produce a variety of media in implementing guidance and counseling services. However, there are several recommendations for developing this media, namely the need to develop scrapbook media in digital form by processing scrapbook media online or through an application.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: media scrapbook; penerimaan diri; siswa media scrapbook; penerimaan diri; siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:59
Last Modified: 05 Dec 2024 01:59
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17072

Actions (login required)

View Item View Item