PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI BASAHA ISYARAT BAGI ANAK TUNARUNGU BERBASIS ANDROID

Darmawan, Rahmat (2018) PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI BASAHA ISYARAT BAGI ANAK TUNARUNGU BERBASIS ANDROID. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
Done - ABSTRAK_5140411186_Rahmat darmawan.docx

Download (13kB)

Abstract

Penderita tunarungu merupakan individu yang mengalami masalah pada pendengaran yang disebabkan oleh berbagai hal yaitu kelainan dari lahir, kecelakaan dan penyakit yang menyebabkan kemampuan pendengaran mereka menurun hingga kehilangan pendengaran. Sekolah yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas tidak banyak di sekitar kita, penyandang tunarungu salah satunya. Mendapat edukasi adalah hak semua orang, begitu juga anak penderita tunarungu. Namun terkadang anak tunarungu kurang memiliki minat untuk melakukan aktivias belajar, karena bermain adalah hal yang paling menarik untuk mereka lakukan. Oleh karena itu diperlukan sebuah media edukasi yang dapat memberikan edukasi menggunakan bahasa isyarat yang sesuai dengan anak tunarungu sekaligus menarik minat mereka untuk belajar. Dengan pertimbangan tersebut maka penulis membuat aplikasi edukasi belajar bahasa isyarat untuk anak tunarungu berbasis android menggunakan teknologi augmented reality yang dikembangkan menggunakan unity 2017, adobe photoshop 2015 dan monodevelop. Penulis menggunakan bahasa isyarat SIBI pada aplikasi yang dikembangkan, karena bahasa isyarat SIBI banyak digunakan pada sekolah anak tunarungu. Dengan adanya aplikasi bahasa isyarat yang penulis kembangkan diharapkan memudahkan anak dalam belajar dan menambah minat anak untuk terus belajar bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:05
Last Modified: 19 Oct 2018 03:05
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item