Sitaresmi Rudiyanto, Purbaningtyas and Suryanto, Arwan (2019) PENGEMBANGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU DARUL ARQOM PUTRI DI KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL Dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual. ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, University of Technology Yogyakarta.
|
Text
5130911169-PURBANINGTYAS SITARESMI RUDIYANTO.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren Darul Arqom Putri di Patean mengalami peningkatan jumlah santri dalam beberapa tahun terakhir, namun keterbatasan ruang kelas dan fasilitas menjadi hambatan bagi pihak sekolah untuk menampung mereka. Pihak pesantren merencanakan untuk melakukan pengembangan menjadi sekolah Islam terpadu yang bertujuan mewadahi seluruh kegiatan belajar-mengajar dengan baik. Metode perancangan yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik yang berarti penulis menggambarkan kondisi yang ada di lokasi tersebut melalui peninjauan dan melakukan analisis secara mendalam melalui observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Metode tersebut menghasilkan data-data yang menjadi dasar untuk meerencanakan, menganalisis, hingga menghasilkan konsep disain sebuah sekolah Islam terpadu yang menyesuaikan lingkungan sekitar di Patean dengan pendekatan disain arsitektur kontekstual. Upaya tersebut dapat dipengaruhi oleh factor-faktor seperti bentukan bangunan, kenyamanan, fasilitas, serta aktivitas yang ada di sekolah. Kesimpulan dari perancangan ini yaitu sebuah disain sekolah Islam terpadu Darul Arqom Putri dengan konsep arsitektur kontekstual yang menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar dan dapat menampung seluruh aktivitas sekolah. Kata kunci: Pengembangan, sekolah, islam terpadu, arsitektur kontekstual.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined]) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur |
Depositing User: | Kaprodi S1 Arsitektur UTY |
Date Deposited: | 11 May 2019 02:20 |
Last Modified: | 11 May 2019 02:20 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2786 |
Actions (login required)
View Item |