ANALISIS DAMPAK MODA TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP MODA TRANSPORTASI KONVENSIONAL ANALYSIS OF THE IMPACT OF ONLINE TRANSPORT MODA ON CONVENTIONAL TRANSPORTATION MODA

Desniawati, Desniawati and Susilo, Dibyo (2019) ANALISIS DAMPAK MODA TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP MODA TRANSPORTASI KONVENSIONAL ANALYSIS OF THE IMPACT OF ONLINE TRANSPORT MODA ON CONVENTIONAL TRANSPORTATION MODA. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DESNIAWATI_ABSTRAK .pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap transportasi yang dapat cepat tiba ditempat tujuan ditengah-tengah kemacetan Kota Yogyakarta, transportasi yang dengan mudah ditemukan oleh masyarakat sehingga efisiensi waktu lebih optimal. Ojek menjadi salah satu yang terpopuler diantara sarana transportasi lainnya, membuat warga Yogyakarta lebih memilih ojek sebagai alat transportasi. Dengan kemajuan teknologi informasi yang ada, muncul transportasi umum yang dapat diakses menggunakan gadget yaitu Ojek Online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Dampak Ojek Online Terhadap Ojek Pangkalan. Langkah yang dilakukan adalah melakukan survey terhadap 115 responden yang kemudian dari data tersebut dilakukan analisis deskriptif dan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan software Amos. Dengan melakukan permodelan pada Amos, maka dapat diketahui seberapa besar hubungan pengaruh kedua moda transportasi tersebut terhadap satu sama lain. Hasil analisis menunjukan pengaruh ojek online terhadap ojek pangkalan tidak signifikasi (ditolak), pada hubungan efek langsung dan tidak langsung bersifat negatif (-0,601) yang artinya semakin banyak penggunaan ojek online maka berkurangnya penggunaan dan pendapatan ojek pangkalan. Ojek online berada pada urutan pertama yaitu Gojek dengan presentase 46 orang sedangkan Ojek pangkalan dengan presentase 33 orang. Dampak yang terjadi adanya Ojek Online terhadap Ojek Pangkalan adalah berkurangnyan minat masyarakat untuk menggunakan ojek pangkalan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Ojek Online maupun Ojek Pangkalan adalah Usia, Pekerjaan, Cuaca, Karakteristik Perjalanan, Harga, Keamanan, dan Fasilitas. Kata Kunci: Amos, Analisis, Moda Transportasi, SEM, SPSS. ABSTRACT Increased public demand for transportation that can quickly arrive at destination in the midst of traffic jams in the city of Yogyakarta, transportation that is easily found by the community so that time efficiency is more optimal. Ojek is one of the most popular among other transportation facilities, making Yogyakarta residents prefer ojek as a means of transportation. With the advancement of information technology, public transportation can be accessed using a gadget, Ojek Online. This research was conducted to find out the Impact of Ojek Online on Base Ojek. The step taken is to conduct a survey of 115 respondents who then from the data carried out a descriptive analysis and analysis of SEM (Structural Equation Modeling) with Amos software. By doing modeling on Amos, it can be seen how much the relationship between the two modes of transportation relates to each other. The results of the analysis show the effect of online motorcycle taxis on base ojek is not significant (rejected), the direct and indirect effect relationship is negative (-0.601) which means that the more use of online motorcycle taxi, the lower the use and revenue of base motorcycle taxi. Online motorcycle taxis are in the first rank, namely Gojek with a percentage of 46 people while Ojek base with a percentage of 33 people. The impact of the existence of Ojek Online on Ojek Pangkalan is the reduced interest of the community to use base motorbikes. Factors that influence the use of Ojek Online as well as Base Ojek are Age, Occupation, Weather, Travel Characteristics, Price, Security, and Facilities. Keywords: Amos, Analysis, Mode of Transportation, SEM, SPSS.   DAFTAR RUJUKAN Amajida, F. D. (2016). Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan Studi Tentang Ojek Online “GO-JEK” Di Jakarta. Informasi, 46(1), 115-128. Aminah, S. (2006). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan Surabaya. Universitas Airlangga Sebagai Wahana Pembangunan Bangsa, Prisma. Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makasar. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246. Agustin, A. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) di Surabaya. Avinda, S. P. (2016). Analisis Dampak Ojek Online Terhadap Pangkalan Ojek Konvensional Griya Pasteur. Bandung. Mar’ari, N. C. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi pada Konsumen Gojek di Surabaya). Wijanarko, F. (2017). Analisis Hubungan Moda Transportasi Ojek Online , Ojek pangkalan dan Angkutan Umum Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:04
Last Modified: 30 Jul 2019 08:04
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item