PERANCANGAN PUSAT IPTEK DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN EDUKASI DAN HIBURAN

Ananda, Widia Mukti and Tisnawati, Endah (2020) PERANCANGAN PUSAT IPTEK DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN EDUKASI DAN HIBURAN. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
52. 5160911028-WIDIA MUKTI ANANDA.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perancangan Pusat IPTEK di Kota Yogyakarta dengan Pendekatan Edukasi dan Hiburan adalah bangunan yang mengembangkan wahana edukasi mengenai lingkungan, serta memberikan pengetahuan dan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga alam dan juga dapat meningkatkan sektor pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bagian selatan dan menjadi daya tarik masyarakat dalam sektor pariwisata. Pusat IPTEK dengan Pendekatan Edukasi dan Hiburan memiliki konsep ramah lingkungan yang dipadukan dengan pendekatan belajar yaitu Somatik, Autidori, Visual dan Intelektual atau lebih dikenal dengan SAVI yang dimana pembelajaran berbasis SAVI dapat memberi kemudahan untuk siswa belajar, karena siswa cenderung menggunakan aspek visual mereka saat belajar, sebagian lagi cenderung menggunakan aspek auditori dan ada pula siswa yang belajar dengan cara bergerak. Pendekatan Edukasi dan Hiburan digunakan sebagai upaya untuk menghasilkan sebuah bangunan yang sesuai dengan sasaran penggunanya, dimana bangunan dirancang berdasarkan fungsinya sebagai Pusat IPTEK yang mengedukasi serta memberi hiburan kepada pengunjungnya. Krakteristik anak-anak yang berbeda-beda pada tiap tahap usia menuntut penyelesaian desain yang berbeda-beda pula. Selain itu, keaktifan anak dalam bermain membutuhkan perhatian khusus, terutama dari segi keamanannya, sehingga mempengaruhi pula pada bentuk dan pemilihan material bangunan. Kata kunci: Pusat IPTEK, Edukasi, Hiburan ABSTRACT The design of the Science and Technology Center in the City of Yogyakarta with an Educational and Entertainment Approach is a building that develops a vehicle for education about the environment, and provides knowledge and awareness for the community about the importance of protecting nature and can also improve the tourism sector in the southern part of Yogyakarta Special Region and become a public attraction in the tourism sector . The Science and Technology Center with an Educational and Entertainment Approach has an environmentally friendly concept combined with a learning approach, namely Somatic, Autory, Visual and Intellectual or better known as SAVI, where SAVI-based learning can make learning easier for students, because students tend to use their visual aspects when studying , some tend to use auditory aspects and there are students who learn by moving. The education and entertainment approach is used as an effort to produce a building in accordance with the target users, where the building is designed based on its function as a Science and Technology Center that educates and provides entertainment to its visitors. The different characteristics of children at each age stage require the completion of different designs. In addition, the active play of children requires special attention, especially in terms of safety, which also affects the shape and selection of building materials. Keywords: Science and Technology Center, Education, Entertainment

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:24
Last Modified: 23 Sep 2020 07:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item