BERPIKIR POSITIF PELAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS HUMANIORA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

PADMASARI, ILMIYANTI (2018) BERPIKIR POSITIF PELAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS HUMANIORA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA.

[img] Text
18. ILMIYANTI PADMASARI.docx

Download (12kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik didefinisikan sebagai perilaku sengaja menunda untuk memulai ataupun menyelesaikan tugas akademis di waktu yang ditetapkan (Senecal, Julien & Guay, 2003). Prokrastinasi dapat berakibat sangat fatal baik dari segi materiil maupun non-materiil. Karena akibat yang ditimbulkan cukup serius, mahasiswa dirasa perlu memiliki kemampuan berpikir positif. Berpikir positif dapat dideskripsikan sebagai suatu cara berpikir yang lebih menekankan pada sudut pandang dan emosi yang positif (Elfiky, 2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola berpikir yang dimiliki mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora Universitas Teknologi Yogyakarta dengan perilaku prokrastinasi akademik. Melalui metode purposeful sampling, berhasil diperoleh subjek penelitian yang terdiri dari 4 orang mahasiswa aktif di Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek pelaku prokrastinasi akademik memiliki pola berpikir positif sesuai dengan aspek berpikir positif yang dikemukakan oleh Karl Albrecht (1980). Kata kunci : Berpikir positif, Prokrastinasi akademik, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Berpikir positif, Prokrastinasi akademik, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora > S1 Psikologi
Depositing User: Psikologi UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 05:02
Last Modified: 05 Jan 2018 05:02
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item