SELF EFFICACY GURU DALAM MEMBIMBING ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA

ISLAHULAINI, NANA (2018) SELF EFFICACY GURU DALAM MEMBIMBING ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA.

[img] Text
22. NANA ISLAHULAINI.docx

Download (16kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui self-efficacy guru dalam membimbing anak autis. Penelitian ini dilakukan di sekolah khusus autistik fajar nugraha Yogyakarta, dengan subjek berjumlah tiga orang guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan metode pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ketiga subjek sudah memenuhi aspek-aspek self-efficacy yaitu subjek pertama memiliki keyakinan mampu didalam membimbing anak autis, memiliki banyak trik, subjek memiliki rasa percaya diri bahwa subjek mampu dalam menyelesaikan permasalahan yang dimiliki anak, berusaha untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki, memiliki banyak ide. Sedangkan pada subjek kedua subjek memiliki keyakinan dalam membimbing anak autis, subjek percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, subjek mampu menghadapi tekanan dan kesulitan dalam mengajar, banyak ide dan subjek terbuka menerima saran dan ide-ide dari guru lain dalam membimbing anak. Subjek ketika memilik kesamaan dengan subjek pertama dan kedua yaitu memiliki keyakinan dalam membimbing anak autis, membimbing anak autis adalah sebagai tantangan untuk subjek, memiliki rasa percaya diri dan subjek terbuka menerima saran dan ide-ide dari guru lain. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa setiap subjek memliki self-efficacy, dimana self-effcacy ketiga subjek hampir sama meskipun lama mengajar subjek berbeda. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yaitu pengetahuan, pengalaman, kemampun, komitmen, lama mengajar dan kepercayaan diri. Kata kunci : Self-efficacy, Guru, Anak Autis

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Guru, Anak Autis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora > S1 Psikologi
Depositing User: Psikologi UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 05:02
Last Modified: 05 Jan 2018 05:03
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item