Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Expressive Writting Untuk Meningkatkan Sikap Penerimaan Diri Kelas X Di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017

Hidayatul Faridah, Ida (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Expressive Writting Untuk Meningkatkan Sikap Penerimaan Diri Kelas X Di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HIDAYATUL F.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami pada usia remaja adalah sikap penerimaan diri. sikap penerimaan diri adalah seseorang yang memiliki penilaian positif terhadap dirinya dan menerima segala keterbatasan yang dimilikinya tanpa menyalahkan orang lain maupun lingkungan. Dalam lingkup pendidikan terdapat bimbingan dan konseling yang didalamnya ada beberapa layanan salah satunya adalah layanan bimbingan klasikal. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ini peneliti menggunakan teknik expressive writting dalam pengungkapan permasalahan yang sedang dialami peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen nonequivalent control group design.. Sampel pada penelitian ini adalah 64 siswa kelas X SMK N 1 Tempel yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 32 siswa dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney digunakan karena data yang diperoleh berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat peningkatan yang signifikan diperoleh data Zhitung sebesar -4,951, maka Ha diterima karena Zhitung (-4,9) > Ztabel (1,6). Sedangkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teknik expressive writting mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 terhadap peningkatan sikap penerimaan diri siswa. Terdapat perbedaan sikap penerimaan diri siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol diperoleh data Asymp.Sig. (2-tailed) 0,031 < dari 0,05 artinya Ha diterima yaitu adanya perbedaan sikap penerimaan diri antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Penerimaan Diri, Bimbingan Klasikal, Expressive Writting

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri, Bimbingan Klasikal, Expressive Writting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:53
Last Modified: 05 Jan 2018 07:53
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item