PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR ICONIC PADA PERANCANGAN PELABUHAN DI ANJUNGAN GONEGANTI KABUPATEN DONGGALA SEBAGAI PENDONGKRAK IMAGE KAWASAN

Dr. Endy Marlina,ST,MT (2022) PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR ICONIC PADA PERANCANGAN PELABUHAN DI ANJUNGAN GONEGANTI KABUPATEN DONGGALA SEBAGAI PENDONGKRAK IMAGE KAWASAN. 000365103.

[img] Text
sertifikat_EC00202249370.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gempa bumi, tsunami, dan liquifaksi yang terjadi di Sulawesi Tengah pada akhir September 2018 merupakan salah satu peristiwa bencana alam terbesar yang mengguncang Sulawesi Tengah yang menyebabkan kerusakan pada fasilitas publik, terutama fasilitas untuk mendukung keberlanjutan perekonomian masyarakat Pulau Sulawesi. Salah satu fasilitas umum yang sangat terdampak oleh bencana ini adalah Pelabuhan di Anjungan Goneganti Kabupaten Donggala sebagai salah satu simpul transportasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pulau Sulawesi, khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah. Pemerintah berupaya memulihkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan merekonstruksi Pelabuhan di Anjungan Goneganti Kabupaten Donggala pasca bencana. Pulihnya fungsi pelabuhan ini diharapkan akan mampu mendorong pergerakan ekonomi melalui peningkatan aksesibilitas dan distribusi barang di wilayah Sulawesi Tengah secara umum. Rekonstruksi Pelabuhan ini juga untuk merealisasikan visi menjadikan Kabupaten Donggala sebagai icon dalam bidang kelautan. Untuk program ini, Kementrian Perhubungan RI menyiapkan anggaran dan Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala menyiapkan lahan untuk pembangunannya. Pelabuhan Donggala dikembangkan sebagai Pelabuhan Tingkat Nasional yaitu jenis pelabuhan Pengumpul yang memfasilitasi aksesibilitas orang dan alih muat barang ke/dari dalam negeri atau tujuan antar provinsi. Lokasi pelabuhan terletak bersebelahan dengan Anjungan Goneganti yang termasuk zona hijau rawan bencana. Lokasi dengan luas sekitar 3,9 hektar ini berada di wilayah administrative Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala. Rancangan dikembangkan dengan konsep Arsitektur Ikonik, yaitu arsitektur yang dapat menjadi penanda sebuah tempat dimana karya tersebut dibangun atau sebuah era, waktu kapan karya tersebut dibuat sehingga mudah dikenali dan diingat orang. Konsep ini dipilih sejalan dengan tujuan pemerintah Kabupaten Donggala yang ingin mengembalikan perekonomian masyarakat sekaligus menjadikan Pelabuhan di Anjungan Goneganti sebagai Icon Kabupaten Donggala.

Item Type: Patent
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:13
Last Modified: 02 Aug 2022 01:13
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item