OPTIMALISASI LAHAN PARKIR LIPPO PLAZA DAN PENGARUH AKTIVITAS LIPPO PLAZA TERHADAP KINERJA JALAN LAKSDA ADISUCIPTO OPTIMIZATION OF LIPPO PLAZA PARKING LAND AND THE EFFECT OF LIPPO PLAZA ACTIVITIES ON ROAD PERFORMANCE OF LAKSDA ADISUCIPTO

Pangestu, Odi and Setiawan, Danny (2021) OPTIMALISASI LAHAN PARKIR LIPPO PLAZA DAN PENGARUH AKTIVITAS LIPPO PLAZA TERHADAP KINERJA JALAN LAKSDA ADISUCIPTO OPTIMIZATION OF LIPPO PLAZA PARKING LAND AND THE EFFECT OF LIPPO PLAZA ACTIVITIES ON ROAD PERFORMANCE OF LAKSDA ADISUCIPTO. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img] Text
5170811336_ODI PANGESTU.pdf

Download (406kB)

Abstract

Dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan bermotor, akibatnya mobilitas masyarakat bertambah tinggi dan tidak diimbangi dengan fasilitas jalan yang memadai. Akibatnya kemacetan pun tak terhindarkan. Seiring bertumbuhnya kepemilikan kendaraan bermotor pribadi, seiring pula suatu pusat perbelanjaan harus menyediakan lahan parkir yang memadai. Sehingga, tidak akan terjadi membludaknya kendaraan pribadi akibat tidak terpenuhinya kebutuhan ruang parkir. Pada hal ini salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta yaitu Lippo Plaza memiliki pernanan penting dalam perubahan arus lalu lintas jalan yang ada di depannya yaitu Jalan Laksda Adisucipto. Aktivitas keluar masuk kendaraan Lippo Plaza tentu mempengaruhi kinerja jalan tersebut. Apalagi di sekitaran Lippo Plaza banyak sekali motor parkir tidak pada tempatnya. Yang sebenarnya Lippo Plaza sudah menyediakan lahan parkir yang memadai.Penelitian ini dilakukan pada beberapa hari dan sesi. Diambil dari survey pada 3 hari tersibuk dalam satu minggu. Kemudian di dapat hasil pada hari Senin, Sabtu, Minggu. Menggunakan metode penelitian yang hamper sepenuhnya mengacu pada MKJI,1997. Hasil pengamatan yang diperoleh kebutuhan lahan parkir di Lippo Plaza sebesar 1798 untuk kendaraan bermotor dan 154 untuk mobil. Sedangkan ketersediaan ruang parkir di Lippo Plaza sebesar 1200 kend untuk motor dan 408 kend untuk mobil. Artinya, lahan parkir Lippo Plaza tidak bisa memenuhi kebutuhan ruang parkir untuk sepeda motor. Kemudian untuk DS Jalan laksdad Adisucipto didapat hasil sebesar 0,6 yang dapat digolongkan dalam tingkat pelayanan B (DS 0,6 – 0,7). Kemudiann dampak aktivitas Lippo Plaza juga ternyata mempengaruhi kinerja jalan walaupun tidak signifikan. Yaitu menjadi DS sebesar 0,62. Masuk dalam tingkat pelayanan F (DS 0,6 – 0,7). Kata Kunci: Kinerja Jalan, Optimalisasi Parkir, Lippo Plaza With the increase in ownership of motorized vehicles, the mobility of the community increases and is not matched by adequate road facilities. As a result, congestion is unavoidable. Along with the growth of private motorized vehicle ownership, shopping centers must provide adequate parking space so that there will not be an overabundance of private vehicles due to non-fulfillment of parking space requirements. One of the shopping centers in Yogyakarta, namely Lippo Plaza, has an important role in changing the flow of road traffic in front of it, namely Jalan Laksda Adisucipto. The activity of entering and leaving Lippo Plaza vehicles certainly affects the road's performance, especially around Lippo Plaza, there are a lot of motorbikes parked out of place. Actually Lippo Plaza has provided adequate parking space. The study was conducted over several days and sessions. Taken from a survey on the 3 busiest days of the week. Get results on Monday, Saturday, Sunday. Using research methods that almost completely refer to MKJI, 1997. The results of the observations obtained are the need for parking spaces at Lippo Plaza of 1798 for motorized vehicles and 154 for cars. Meanwhile, the availability of parking spaces at Lippo Plaza is 1200 vehicles for motorbikes and 408 vehicles for cars. This means that the Lippo Plaza parking area cannot meet the need for parking spaces for motorcycles. Then for DS Jalan Laksdad Adisucipto, the result was 0.6 which can be classified in the service level B (DS 0.6 – 0.7). Then the impact of Lippo Plaza's activities also turned out to affect road performance although it was not significant, namely DS by 0.62. Included in the service level F (DS 0.6 – 0.7). Keywords: Road Performance, Parking Optimization, Lippo Plaza

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:54
Last Modified: 20 Oct 2022 03:54
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item