PERANCANGAN PEMAKAMAN UMUM VERTIKAL DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TERITORI

Dewi, Ajeng Dwi Sintiya and Yudhanta, Widi Cahya (2022) PERANCANGAN PEMAKAMAN UMUM VERTIKAL DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TERITORI. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5190921001-AJENG DWI SINTIYA DEWI.pdf

Download (103kB)

Abstract

Pemakaman kota adalah salah satu bagian dari ruang di dalam kota yang sering terlupakan, karenanya tak jarang pemakaman ini digusur dan dialih fungsikan. Dimasa pandemik banyaknya korban covid 19 yang berjatuhan membuat beberapa area pemakaman menjadi padat sedangkan lahan makam yang tersedia semakin menipis. Minimnya lahan kosong dikota-kota besar membuat pembangunan kuburan baru telah meluas hingga ke pinggiran kota. Hal ini juga terjadi di Pontianak Tenggara banyaknya korban covid 19 yang berjatuhan membuat ketersediaan lahan di TPU Pontianak Tenggara kian menipis Dengan keterbatasan lahan yang ada diketahui apakah dengan vertikalitas dapat diterapkan dalam pertumbuhan tipologi ini di masa mendatang. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk menambah jumlah kuota makam dengan lahan perkotaan yang minim, selain itu juga dengan adanya gagasan vertikalisasi diharapkan dapat meminimalisir makam yang tergenang air akibat air pasang. Dalam gagasan tentang Gedung yang terintergrasi dengan makam juga akan dilakukan perbandingan aturan agama/kepercayaan dalam cara menciptakan ruang tersebut maka digunakannya pendekatan teritori yang membagi beberapa zona pemakaman untuk masing-masing ajaran agama yang dianut. Diharapkan ini dapat menjadi solusi berkelanjutan untuk pertumbuhan pemakaman kota bagi kota-kota yang memiliki kekurangan lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pemakaman Vertikal, Covid 19, Banjir, TPU Penuh, Pontianak Tenggara, Teritori, Vertical Cemetery, Covid 19, Flood, Full TPU, Southeast Pontianak, Territory
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:00
Last Modified: 21 Oct 2022 03:00
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item