ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BIJI KOPI ARABICA POSONG TEMANGGUNG MENGGUNAKAN METODE KANO Studi Kasus : UMKM Kopi Two Heart

Rahmanadi, Teja and Ferida, Yuamita (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BIJI KOPI ARABICA POSONG TEMANGGUNG MENGGUNAKAN METODE KANO Studi Kasus : UMKM Kopi Two Heart. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5180611098 Teja Rahmanadi.pdf

Download (27kB)

Abstract

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BIJI KOPI ARABICA POSONG TEMANGGUNG MENGGUNAKAN METODE KANO Studi Kasus : UMKM Kopi Two Heart Teja Rahmanadi[1] a, Ferida Yuamita[2] b Fakultas Sains dan Teknologi / Program Studi Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta tejarahmanadiamry@gmail.com feridayuamita@uty.ac.id ABSTRAK UMKM Two Heart adalah Perusahaaan menengah yang bergerak pada bidang industri pengolahan kopi Arabica di desa tlahab kabupaten temanggung. Maraknya trend kedai kopi yang semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir menjadi tantangan besar untuk UMKM Two Heart kopi posong. Perusahaan ingin meningkatkan kualitas dan pelayanan serta memberikan inovasi untuk produk kedepannya, maka dilakukan pengujian tingkat kepuasan pelanggan dengan metode Kano Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang paling dominan dan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan yang harus ditingkatkan pada UMKM kopi Two Heart terdapat pada kategori P7 yaitu roast bean, karena memberikan pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Dan kategori yang harus di pertahankan adalah must be, P4 (bentuk bean pada roast bean), P5 (tingkat kerataan biji roast bean), P6 (kualitas green bean), P8 (keterangan expired pada produk), P12 (standarisasi pengolahan produk), P13 (pilihan jenis produk yang di tawarkan), P14 ( keterangan dalam pembelian ofline maupun online). Kata kunci : Kepuasan pelanggan, harapan pelanggan, Kano. SATISFACTION LEVEL ANALYSIS CONSUMERS OF COFFEE BEAN PRODUCTS ARABICA POSONG TEMANGGUNG USING CANO METHOD Case Study: Two Heart Coffee SMEs ABSTRACT Two Heart SME is a medium-sized company engaged in the Arabica coffee processing industry in Tlahab Village, Temanggung Regency. The rise of the coffee shop trend, which has increased rapidly in recent years, has become a big challenge for Posong Two Heart coffee shops. The company wants to improve quality and service and provide innovation for future products, so testing the level of customer satisfaction with the Kano Model method. This study aims to determine the most dominant attribute and influence on customer satisfaction. Based on the research, it is known that the level of satisfaction that must be increased in Two Hearts coffee SME is in the P7 category, roasted beans, because it significantly affects customer satisfaction. And the categories that must be maintained are P4 (bean shape in roasted beans), P5 (evenness level of roasted beans), P6 (coffee bean quality), P8 (product expiration information), P12 (standardized product processing), P13 (choice of product type). offered), P14 (information on online and online purchases). Keywords: customer satisfaction, customer expectations, Kano model. DAFTAR PUSTAKA Brody, S. D., Highfield, W. E., Wilson, M., Lindell, M. K., & Blessing, R. (2017). Understanding the motivations of coastal residents to voluntarily purchase federal flood insurance. Journal of Risk Research, 20(6), 760-775. Trisna, T., Irwansyah, D., Saptari, M. A., & Maisyaroh, M. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swalayan Dengan Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano. Industrial Engineering Journal, 8(1) Ramadhanti, E., & Marlena, N. (2021, September). Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance-performance analysis (ipa). In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 3, pp. 431-441). Amran, T. G., & Ekadeputra, P. (2012). Pengukuran kepuasan pelanggan menggunakan metode kano dan root cause analysis (Studi kasus PLN Tangerang). Jurnal Teknik Industri, 2(2), 160-172. Nurhayati, S. (2005). Analisis kebutuhan proses bisnis menggunakan metode kano. Bandung: Jurusan Teknik Komputer Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Quaschning, 2005. Hutabri, E. (2017). Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penerepan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, 1(2), 55-63. Hongari, E. A. (2018). Studi Deskriptif Customer Experience Berdasarkan Kano’s Model Di Starbucks Galaxy Mall Surabaya. CALYPTRA, 6(2), 761-774. Lukman, M., & Wulandari, W. (2018). Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190-204. Nugroho, A., & Suparto, S. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality dan Model Kano. Jurnal SENOPATI: Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering, 3(1), 1-10. Devani, V., & Kuncoro, A. A. (2012). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan UIN Suska Riau dengan Menggunakan Metode Kano. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 10(1), 98-105 Pratama, R. M. (2019). EKSPERIMEN PENGEMBANGAN PRODUK KOPI PADA CAFÉ BARAK KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Indrasari, A. (2017). Integrasi Metode IPA dan Model Kano Dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 3(1). Akmal, S., Hashim, N., Norizan, A., & Yahaya, S. H. (2017). The improvised design of headphone using integrated Kano and Importance-Performance Analysis for enhancing customer satisfaction. Journal of Advanced Manufacturing Technology (JAMT), 11(1 (1)), 1-14. Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:06
Last Modified: 02 Dec 2022 02:06
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11329

Actions (login required)

View Item View Item