Similarity Check Jurnal Perancangan Struktur Atas Jembatan Busur Baja Tipe Tied Arch Bridge Bentang 60 M (Studi Kasus: Jembatan Kali Putih, Magelang)

Masagala, Algazt Aryad (2021) Similarity Check Jurnal Perancangan Struktur Atas Jembatan Busur Baja Tipe Tied Arch Bridge Bentang 60 M (Studi Kasus: Jembatan Kali Putih, Magelang). Perancangan Struktur Atas Jembatan Busur Baja Tipe Tied Arch Bridge Bentang 60 M (Studi Kasus: Jembatan Kali Putih, Magelang), 6 (1). pp. 34-46. ISSN 2443-3187

[img] Text
Similarity_Jurnal Perancangan Struktur Atas Jembatan Busur Baja TipeTied Arch BridgeBentang 60 M.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/a...

Abstract

Jembatan merupakan suatu konstruksi yang berguna menunjang sarana transportasi sebagai penghubung antara kedua sisi jalan yang terputus karena rintangan dibawahnya. Jembatan existing Kali Putih berada di ruas jalan Srumbung-Jurangjero merupakan jembatan tipe Truss A-60 dengan bentang 60 meter, lebar 9,4 meter, dan tinggi rangka 6,4 meter. Jembatan existing rangka baja dibangun pada tahun 2019 dimana merupakan penggantian dari jembatan lama berstruktur girder. Jembatan Kali Putih direncanakan ulang menggunakan jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge dengan dimensi panjang serta lebar jembatan yang sama. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh hasil analisis struktur jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge, peraturan perancangan yang digunakan mengacu pada SNI 1725-2016 tentang Pembebanan Jembatan, SNI 2833-2016 tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, RSNI T-03-2005 tentang Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, serta peraturan lain yang berkaitan dengan perencanaan jembatan busur baja. Dalam perencanaan ulang digunakan software SAP 2000 v.14 untuk analisa struktur serta software AutoCad 2013 untuk penggambaran DED. Didapatkan komponen struktur utama menggunakan material baja BJ 55 dengan tegangan leleh fy 410 MPa serta tegangan putus fu 550 MPa, sedangkan perencanaan slab lantai jembatan menggunakan material beton fc’ 25 MPa. Dari hasil perencanaan ulang Jembatan Kali Putih menggunakan jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge didapatkan dimensi profil baja arch rib dan chord tie beam BOX 1200.500.20.20, profil baja top bracing BOX 300.150.10.10, profil baja end cross girder IWF 700.300.13.24, profil baja cross girder IWF 900.300.16.28, profil baja stringers IWF 450.200.9.14, profil baja wind bracing IWF 200.200.8.12, dimensi hanger Ø40 mm, plat lantai kendaraan komposit tebal 20 cm dengan tulangan pokok Ø16-150 dan tulangan bagi Ø13-150, serta sambungan menggunakan baut mutu tinggi A-325. Didapatkan nilai lendutan terbesar berada di tengah bentang sebesar 0,057 m kurang dari lendutan ijin sebesar 0,075 m. Kata Kunci : Jembatan, Perencanaan Ulang, Tied Arch Bridge.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: S.T. M.Eng Algazt Aryad Masagala
Date Deposited: 05 Dec 2022 13:34
Last Modified: 05 Dec 2022 13:34
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item