PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN SUNGAI JAMBE DENGAN PROFIL PENAMPANG GIRDER T

SIHOMBING, TWELVE J B (2017) PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN SUNGAI JAMBE DENGAN PROFIL PENAMPANG GIRDER T. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Twelve Juni Berto Sihombing.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Jembatan Sungai Jambe terletak di lokasi yang cukup kompleks karena berada di pertemuan aliran dua sungai, yang satu sama lain tidak searah. Berdasarkan konsultasi dengan Dinas PSDA Kota Temanggung, ditentukan bahwa aliran sungai di tengah bawah jembatan yang akan dibangun harus bebas tanpa halangan. Salah satu pertimbangannya adalah untuk menghindari gerusan air yang berlebihan atau terjadi scoring terhadap pier di tengah bentang yang diakibatkan adanya pertemuan tiga sungai di lokasi jembatan. Jembatan beton bertulang balok T mempunyai banyak keunggulan, jembatan ini cocok dilaksanakan di segala lokasi karena tidak memerlukan teknologi tinggi dalam pelaksanaannya. Untuk perancangan jembatan beton bertulang balok T sudah banyak peraturan baik peraturan dari luar negeri maupun peraturan dari Indonesia. Di Indonesia sendiri peraturan perencanaan jembatan yang terbaru adalah SNI 1725-2016 untuk peraturan pembebanan jembatan yang penulis gunakan adalah, SNI 1725-2016 untuk persyaratan perencanaan struktur baja untuk jembatan, serta SNI 2847-2013 untuk persyaratan perencanaan struktur beton untuk jembatan. Hasil dari penelitian ini yakni, pembesian pelat lantai yang digunakan pada perencanaan struktur atas Jembatan Sungai Jambe dengan balok girder penampang profil T didapatkan untuk tumpuan dan lapangan pokok D13-100 mm serta untuk tumpuan dan lapangan susut D13-200 mm. Pembesian trotoar didapatkan untuk pokok D13-150 mm dan susut D13-250 mm. Tiang railing didapatkan tulangan lentur 2P-10 dan tulangan geser P6-150 mm. Pembesian balok girder didapatkan tinggi girder 1,70 m dan lebar girder 0,8 m dengan tulangan tekan 4D-32, tulangan tarik 12D-32, jarak sengkang 2P12-200 mm, dan tulangan susut 6P-19. Pembesian balok diafragma didapatkan tinggi diafragma 0,7 m dan lebar diafragma 0,2 m dengan tulangan tekan 2D-25, tulangan tarik 2D-25, jarak sengkang 2P12-200 mm. Dari hasil perhitungan rencana anggaran biaya awal struktur atas Jembatan Sungai Jambe untuk kebutuhan bahan (tidak termasuk biaya pelaksanaan konstruksi) dari balok girder PCI yakni dengan total Rp. 402.767.076,00 sedangkan dalam perhitungan rencana anggaran biaya perencanaan ulang struktur atas Jembatan Sungai Jambe dengan Profil Penampang Balok Girder T yakni dengan total Rp. 866.012.800,00. Dari perhitungan rencana anggaran biaya yang telah dilakukan, persentase perbandingan analisis rencana anggaran biaya dari struktur balok girder penampang profil T dengan balok girder penampang profil girder PCI, selisih harga yang didapatkan yakni sebesar 53,49 %.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: T. Sipil UTY
Date Deposited: 14 Dec 2017 05:28
Last Modified: 14 Dec 2017 05:28
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item