UNSPECIFIED (2023) PERANCANGAN MEDIA BELAJAR ANTROPOMETRI BERBASIS AUGMENTED REALITY. PERANCANGAN MEDIA BELAJAR ANTROPOMETRI BERBASIS AUGMENTED REALITY, 14 (1). pp. 57-67. ISSN ISSN: 2088-6500 (p); 2548-4168 (e)
Text
4456-11857-1-PB.pdf Download (898kB) |
Abstract
Media pembelajaran yang digunakan oleh pengajar menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tingkat pemahaman peserta didik. Inovasi dalam media pembelajaran di era berkembangnya teknologi saat ini, dapat memberikan kesempatan bagi pendidik untuk selalu berupaya memberikan media pembelajaran yang mudah diakses, dipahami secara mendalam, dan dapat berfungsi secara efektif. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat menjadi suatu metode yang dapat dilakukan pendidik dalam proses penguatan aspek kognitif, afektif, dan juga motorik. Studi awal yang dilakukan Peneliti pada 50 orang mahasiswa Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta, menunjukkan bahwa terdapat 32% mengalami kesulitan dalam memahami materi mata kuliah Ergonomi yang berkaitan dengan materi Antropometri (pengukuran dimensi manusia) dikarenakan adanya keterbatasan media dalam proses pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rancangan media pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan mahasiswa dalam memahami materi Antropometri. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens dengan melakukan 4 tahapan yaitu Assessment/analysis, Design, Development dan implementation, dan tahap Evaluation. Hasil penelitan ini adalah sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality yang bernama AR Antropometri. Aplikasi ini memberikan visualisasi 3 dimensi menggunakan teknologi augmented reality dilengkapi dengan materi dan kuis sebagai tolok ukur pencapaian kemudahan mahasiswa dalam memahami materi antropometri
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | S.T., M.Sc Ferida Yuamita |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:57 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12354 |
Actions (login required)
View Item |