RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK KELAS X SMA SEMESTER SATU (STUDI KASUS: SMA MUHAMMADIYAH WONOSARI)

Agus Triyono, Agus (2018) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK KELAS X SMA SEMESTER SATU (STUDI KASUS: SMA MUHAMMADIYAH WONOSARI). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_AGUS TRIYONO_PTI.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran biologi kelas x semester I berbasis macromedia flash bagi siswa SMA dan mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran biologi berbeasis macromedia flash bagi siswa SMA yang ditinjau dari aspek materi dan media. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini produk yang dikembangkan berupa software media pembelajaran dalam bentuk Compact Disc (CD) untuk SMA dengan materi biologi. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan macromedia flash, subyek dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, ahli pengguna dari guru mata pelajaran biologi dan guru multimedia. Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran maka dilakukan pengujian validitas dengan mengadopsi pendapat dari beberapa ahli (expert judgement). Tahapan analisis data dengan melihat bobot tiap tanggapan atas tiap pernyataan, selanjutnya dilakukan perhitungan persentase skor. Skor akhir yang diperoleh kemudian dikonversi lagi menjadi tingkat kelayakan modul pembelajaran secara kualitatif. Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash disusun sesuai dengan pedoman pembuatan media melalui enam langkah yaitu potensi dan masalah yang terdiri dari kegiatan studi lapangan dan kajian dan kajian stufi pustka, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain dan produk akhir. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara garis besar media pembelajaran Menentukan berbasis macromedia flash mata pelajaran biologi layak digunakan sebagai media pembelajaran. Validasi dari ahli materi berupa penilaian dan saran perbaikan yang diperlukan agar aspek materi dari produk yang dikebangkan layak. Penilaian ahli materi memberikan penilaian bahwa media yang dihasilkan sangat layak. Kemudian validasi ahli media diperoleh dengan cara memberikan koesioner yang berisi tentang aspek-aspek tampilan disertai dengan produk media yang dikembangkan kepada ahli media. Validasi ahli media memberikan penilaian bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sangat layak Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Biologi ABSTRACT This study aims to develop learning media biology class x semester I based macromedia flash for high school students and know the feasibility of the development of biological learning media berbeasis macromedia flash for high school students in terms of material and media. The research model used is Research and Development (R & D) approach. In this study the product developed in the form of learning media software in the form of Compact Disc (CD) for high school with biological materials. Object in this research is media of learning using macromedia flash, subject in this research is material expert and media expert, user expert from biology subject teacher and multimedia teacher. Knowing the feasibility of instructional media product then tested the validity by adopting the opinion of some experts (expert judgment). Stages of data analysis by looking at the weight of each response to each statement, then performed the calculation of percentage score. The final score obtained is then converted again to the qualitative level of eligibility of the learning module. The development of macromedia flash based learning media is prepared in accordance with the guidance of media making through six steps, namely potentials and problems consisting of field study and study and study of pustka stufi, collecting information, product design, design validation, design improvement and final product. The results in this study show that the outline of instructional media Determining macromedia-based flash biology subjects worthy of use as a medium of learning. Validation of the material expert in the form of assessment and suggestions of improvement required for the material aspects of the product to be thoroughly eligible. Assessment of material experts provides an assessment that the resulting media is very feasible. Then the validation of media experts obtained by providing a questionnaire that contains about aspects of the display along with media products developed to the media expert. Validation of media experts provides an assessment that the resulting instructional media is very feasible Keywords: Learning Media, Macromedia Flash, Biology

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 10 Jul 2018 09:51
Last Modified: 10 Jul 2018 09:51
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item