MANAJEMEN KESELAMATAN KONTRUKSI PEKERJAAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN PELENGKUNG MURNI DENGAN ACUAN PERMEN PUPR NO 10 TAHUN 2021 CONSTRUCTION SAFETY MANAGEMENT OF PURE ARCH BRIDGE SUB-STRUCTURE WORK WITH REFERENCE TO PUPR REGULATION NO. 10 OF 2021

Nugroho, Giska Ayunisa Rizky and Bhaskara, Adwitya (2022) MANAJEMEN KESELAMATAN KONTRUKSI PEKERJAAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN PELENGKUNG MURNI DENGAN ACUAN PERMEN PUPR NO 10 TAHUN 2021 CONSTRUCTION SAFETY MANAGEMENT OF PURE ARCH BRIDGE SUB-STRUCTURE WORK WITH REFERENCE TO PUPR REGULATION NO. 10 OF 2021. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img] Text
5180811025_GISKA AYUNISA RIZKY NUGROHO_abstrak - Hardoni Ananda.pdf

Download (217kB)

Abstract

Jembatan pelengkung merupakan jembatan dengan struktur utamanya berbentuk pelengkung dan dapat mengurangi momen yang terjadi akibat beban yang ditimbulkan dan dapat mengurangi pilar-pilar yang ada di tengah jembatan Struktur bawah merupakan bangunan yang berada di bagian bawah sebuah jembatan yang memiliki fungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup seperti beban angin, kendaraan dan lainnya, serta beban mati seperti beban gelagar, lantai kendaraan, dan lainnya. Sistem manajemen keselamatan kontruksi (SMKK) merupakan sistem manajemen pelaksanaan kontruksi untuk menjamin keselamaran kontruksi. Perencanaan Keselamatan Konstruksi dilakukan dengan melakukan identifikasi bahaya menggunakan metode Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko dan Peluang serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Keselamatan Kontruksi.Analisis risiko pekerjaan yang kemungkinan akan terjadi dilokasi dengan metode Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Peluang (IBPRP) menggunakan form IBPRP yang terdapat pada Permen PUPR No 10 Tahun 2021 dengan melakukan breakdown metode pelaksanaan kontruksi pekerjaan struktur bawah jembatan pelengkung murni yaitu pekerjaan borepile, pekerjaan footing abutement, pekerjaan abutement, dan pekerjaan wing wall. Dari analisis tersebut didapat hasil risiko yaitu sedang dengan nilai tingkat ratio antara 9 hingga 12. Hasil analisis Rencana Anggaran Biaya (RAB) keselamatan kontruksi dengan nilai proyek diasumsikan sebesar Rp 17.000.000.000 dan jumlah pekerja yang diasumsikan sejumlah 50 orang maka didapat hasil perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) keselamatan kontruksi sebesar Rp 125.125.000.000 atau jika dipersentasekan dari keseluruhan anggaran proyek yaitu sebesar 0,74%.Dari penelitian yang diangkat diharapkan dapat berlanjut untuk penelitian selanjutnya dengan sumber-sumber data penelitian sedetail mungkin Kata kunci : Jembatan Pelengkung, RAB Keselamatan Kontruksi, SMKK, Struktur Bawah.   An arch bridge is a bridge with an arch-shaped main structure and can reduce the moments that occur due to the load generated and can reduce the pillars in the middle of the bridge The lower structure is a building located at the bottom of a bridge that has a function as a bearer of all live loads such as wind loads, vehicles and others, as well as dead loads such as girder loads, vehicle floors, and others. The construction safety management system (SMKK) is a construction implementation management system to ensure construction safety. Construction Safety Planning is carried out by identifying hazards using the Hazard Identification, Risk and Opportunity Assessment methods and the Construction Safety Budget Plan (RAB) The IBPRP contained in the PUPR Ministerial Regulation No. 10 of 2021 by breaking down the construction method for the construction of pure arch bridge work, namely borepile work, footing abutement work, abutement work, and wing wall work. From this analysis, the results of the risk are moderate with a ratio value of between 9 and 12. The results of the analysis of the Construction Safety Budget Plan (RAB) with the project value assumed to be IDR 17,000,000,000 and the number of workers who are assumed to be 50 people, the results of the calculation of the Budget Plan are obtained. The cost (RAB) of construction safety is Rp. 125,125,000,000 or if it is a percentage of the overall project budget, it is 0.74%. Key words : Arch Bridge, Construction Safety RAB, SMKK, Lower Structure.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:05
Last Modified: 30 Nov 2023 07:05
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item