Ardiyanto, Bagus and Kurniawan, Muhammad Arief (2023) PENERAPAN ARSITEKTUR HEMAT ENERGI PADA MALL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
ABSTRAK-5180911092-BAGUS ARDIYANTO.pdf Download (29kB) |
Abstract
Mall Pelayanan Publik merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara atau Badan usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman. Dengan penerapan Arsitektur Hemat Energi yang bertujuan memberikan layanan, fasilitas, serta desain yang mampu hemat energi dengan cara perancangan Aktif maupun Pasif yang meminimalkan penggunaan energi tanpa membatasi atau merubah fungsi bangunan. Terletak di Kabupaten Kudus yang belum terdapat Mall Pelayanan Publik ini menjadi permasalahan di kawasan ini serta kurangnya pelayanan publik mendasari penulisan laporan ini. Metode yang digunakan dalam laporan ini ialah pembahasan analisa mulai dari latar belakang masalah yang memfokuskan pada Pelayanan Publik, Kebutuhan Pengguna hingga perancangan dengan pendekatan Arsitektur Hemat Energi. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa desain Mall Pelayanan Publik ini berfungsi sebagai wadah yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memproses layanan pada satu lokasi dengan pendekatan Arsitektur Hemat Energi diharapkan bangunan dapat mengurangi biaya, meningkatkan nilai lingkungan dan kenyamanan. Public Service Mall is a one-stop place that offers various public services, including goods procurement service, and/or administrative services. Public Service Mall carries out intergrated central and regional public services which also includes services for State-Owned Enterprises or Regional and Private-Owned Enterprises with fast, easy, affordable, secure and convenient services. The implementation of Energy-Saving Architecture applies Active and Passive designs that minimize the energy usage without limiting or changing the function of the building. The Energy-Saving Architecture will be implemented in the Public Service Mall that will be built in Kudus Regency. Discussion analysis on Energy-Saving Architecture was administered to describe the background of the problem with focuses on Public Services and User Needs. The results of the analysis showed that the Public Service Mall should be designed as a one-stop place that can provide convenience to the community in accessing for public services. The Energy Saving Architecture applied in the building is expected to reduce the operational costs, improve the environmental value and provide greater comfort.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arsitektur Hemat Energi, Mall Pelayanan Publik, Pelayanan Publik Energy-Saving Architecture, Public Services Mall, Public Service |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur |
Depositing User: | Kaprodi S1 Arsitektur UTY |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:04 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:04 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14388 |
Actions (login required)
View Item |