Panuntun, Gibran and Al-Faritsy, Ari Zaqi (2023) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA BPTTG D.I. Yogyakarta. ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
5190611186 Gibran Panuntun-ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
Abstract
ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA BPTTG D.I. Yogyakarta ABSTRAK Dalam era persaingan global, perusahaan manufaktur baik dalam produksi maupun jasa harus bersaing dalam hal kualitas manajemen mutu. Salah satu pendekatan manajemen yang menjawab tantangan tersebut adalah Total Quality Management (TQM). Pada BPTTTG milik Disperindag D.I. Yogyakarta, nilai indeks kepuasan masyarakat tahun 2020 adalah 82. BPTTG mengedepankan kualitas yang diharapkan tidak ada produk cacat setelah produksi alat, sehingga diharapkan juga adanya kepuasan masyarakat. Secara lebih lanjut, dilakukan analisis pendekatan sistem manajemen mutu dengan implementasi TQM. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan TQM terhadap kinerja organisasi pada BPTTG DIY. Data Penelitian ini disebar melalui google form untuk diisi karyawan dan didapatkan 28 responden. Metode penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 25 untuk menguji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, unsur-unsur TQM yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi adalah pemberdayaan karyawan dan manajemen berdasarkan fakta. Akan tetapi secara bersama-sama keempat unsur-unsur TQM, yaitu fokus pada pelanggan, pemberdayaan karyawan, peningkatan mutu berkelanjutan, dan manajemen berdasarkan fakta berpengaruh terhadap kinerja organisasi pada BPTTG. Untuk menghasilkan pengaruh TQM yang baik untuk kinerja organisasi, BPTTG perlu memberikan fokus pada unsur yang TQM belum berpengaruh tetapi dilakukan secara bersama-sama dengan unsur TQM lain karena satu dengan lainnya terikat. Kata Kunci: Total Quality Management, Kinerja Organisasi EFFECT ANALYSIS IN IMPLEMENTING THE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) ON ORGANIZATIONAL PERFORMANCE AT BPTTG D.I. Yogyakarta ABSTRACT In an era of global competitiveness, manufacturing organizations must compete in terms of quality management in both production and services. Total Quality Management (TQM) is one management technique that addresses these difficulties. The 2020 community satisfaction index value for BPTTTG, controlled by the D.I. Yogyakarta Industry and Trade Agency, is 82. BPTTG prioritizes quality, which is supposed to result in no defective items following tool production and community satisfaction. A quality management system method with TQM adoption was also examined. This research aims to investigate the impact of TQM deployment on organizational performance at BPTTG DIY. This research data was distributed via Google form for employees to fill in, and 28 respondents were obtained. This research approach employs data analysis with the IBM SPSS Statistics 25 application to test instruments, classical assumptions, and hypotheses. According to data analysis results, employee empowerment and fact-based management are TQM factors that affect organizational performance. However, the four TQM aspects are customer focus, employee empowerment, continuous quality improvement, and fact-based management, which impact organizational performance at BPTTG. To achieve a positive TQM effect on organizational performance, BPTTG must concentrate on elements that TQM has not yet influenced but are carried out in tandem with other TQM elements since one is inextricably linked to the other. Keywords: Total Quality Management, Organizational Performance
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 03:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 03:05 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14426 |
Actions (login required)
View Item |