ANALISIS KAPASITAS DAN PENGATURAN WAKTU PESAWAT PADA APRON BANDAR UDARA NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Aulia, Zuvika Alfi (2018) ANALISIS KAPASITAS DAN PENGATURAN WAKTU PESAWAT PADA APRON BANDAR UDARA NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Zuvika Alfi Aulia.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai kapasitas apron dan pengaturan waktu pesawat pada Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG) dan New Yogyakarta International Airport (NYIA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah volume pergerakan pesawat, luas kapasitas apron, banyaknya pesawat yang dapat ditampung, kegiatan aktivitas pesawat dan ground time pesawat. Analisis yang dilakukan menggunakan data historis PT.Angkasa Pura I - Bandar Udara Internasional Adisutjipto untuk simulasi perencanaan bandar udara NYIA. Analisis kapasitas apron menggunakan metode ICAO 1987, Direktorat Jenderal Penerbangan 2005 dan Pignataro 1973, sehingga didapatkan jumlah pergerakan pesawat yang terjadi pada tahun rencana dengan metode forecasting time series. Analisis kegiatan aktivitas dan ground time pesawat dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung pada Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Hasil forecasting dibandingkan dengan kapasitas apron eksisting dan dianalisa apakah pada tahun rencana apron membutuhkan tambahan parking stand atau tidak. Hasil analisis diperoleh 11 parking stand Bandar Udara Internasional Adisutjipto pada kondisi eksisting tidak mampu lagi melayani pergerakan pesawat dengan baik, ditinjau dari nilai VCR>1 sehingga perlu adanya perluasan apron pada pembangunan bandar udara NYIA. Berdasarkan analisis perhitungan dibutuhkan sebanyak 54 parking stand yang rencana perluasan pembangunannya terdiri dari 3 tahap yaitu tahap 1 (2020-2031) sepanjang 1960 meter, dilanjutkan tahap 2 (2031-2041) menjadi 2521 meter, dan terakhir yang direncanakan setelah tahun 2041 sepanjang 3041 meter terdiri dari komposisi parking stand 50% pesawat terbesar dan 50% pesawat kecil sehingga mampu menampung pergerakan pesawat pada saat jam puncak. Langkah optimasi lain dengan mengurangi gate occupancy time (GOT) pesawat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Bandar Udara Adisutjipto, New Yogyakarta International Airport, Apron, Pengaturan Waktu, Pesawat
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 20 Oct 2018 07:13
Last Modified: 20 Oct 2018 07:17
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item