URBAN ‘OPEN MARKET’ SEBAGAI KONSEP REDESAIN DAN REVITALISASI PASAR TERBAN DI KOTA YOGYAKARTA

Meytasari, Cinthyaningtyas and Guspitawati, Ameria (2023) URBAN ‘OPEN MARKET’ SEBAGAI KONSEP REDESAIN DAN REVITALISASI PASAR TERBAN DI KOTA YOGYAKARTA. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/54e8177fd6672c9166994b5d8acf777de9f4ca715fb7a1d2099cd3af49847e4a?nomor=EC00202362232&type=copyright&keyword=urban%20open%20market.

[img] Text
peer review _HKI_pasar terban.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Sertifikat_Surat Pernyataan_Poster_HKI Pasar Terban_compressed.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/search?type=copy...

Abstract

Urban ‘Open Market’ memiliki arti keterbukaan terhadap visual, spasial, dan fungsi yang bertujuan untuk menjadikan Pasar Terban sebagai pasar inklusi, serta menjadi livable market. Penekanan ini sejalan dengan isu Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu revitalisasi tiga pasar tradisional dimana Pasar Terban termasuk dalam salah satunya. Pasar Terban merupakan pasar tradisional di Terban, Kota Yogyakarta yang disasar untuk memiliki peran strategis dalam konteks penumbuhan kota inklusif dengan menjadikan pasar bersifat universal dan juga mewadahi karya cipta pengrajin disabilitas, dimana belum terakomodasi dengan baik. Saat ini keberadaan pasar tradisional mulai terancam, karena seringkali dianggap sebagai salah satu prasarana yang kurang tertata, kurang nyaman, serta rawan kejahatan. Hal ini sejalan dengan kondisi Pasar Terban di mata masyarakat Kota Yogyakarta saat ini memiliki beberapa masalah yang mengakibatkan ketidaknyamanan saat berbelanja dan kurang layak. Dalam proses redesain dan revitalisasi Pasar Terban dengan konsep Urban ‘Open Market’ dilakukan dengan metode rational approach, survey langsung, analisis data dan konteks lingkungan. Metode tersebut diaplikasikan kepada sebuah desain bangunan, sehingga dihasilkan ide desain yang diterapkan di zonasi, layout tata ruang dalam atau ruang luar, aksesbilitas pengunjung dan pedagang, penggunaan jenis material yang bersifat terbuka, dan universal, serta impresi bangunan yang ramah terhadap sosial budaya masyarakat. Kata Kunci : Urban 'Open Market’, Pasar Tradisional, Revitalisasi, Redesain

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Cinthyaningtyas Meytasari, ST., MT., IAI
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:43
Last Modified: 27 Mar 2024 06:43
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15276

Actions (login required)

View Item View Item