ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KANDANG KELINCI UMKM DANDELLION MENGGUNAKAN METODE KANO STUDI KASUS: UMKM DANDELLION

Al Anshari, Abu Ayyub and Yuamita, Ferida (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KANDANG KELINCI UMKM DANDELLION MENGGUNAKAN METODE KANO STUDI KASUS: UMKM DANDELLION. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5190611096 Abu Ayyub Al Anshari-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)

Abstract

Abstrak UMKM Dandellion merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang peternakan kelinci dan menjual berbagai macam kebutuhan ternak kelinci mulai dari pakan, vitamin, obat – obatan dan juga kandang kelinci. Dandellion mengkhususkan diri dalam produksi kandang kelinci yang dirancang dengan baik dan aman bagi hewan. Dalam menjalankan usahanya UMKM Dandellion menerapkan sistem pre order untuk pemesanan kandang terkhususnya kandang kelinci. Dalam sistem pre-order Dandellion, penjual memiliki kewajiban untuk menentukan periode waktu tertentu yang diperlukan pelanggan untuk menunggu sebelum kandang kelinci dikirim. Periode waktu ini bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kompleksitas pesanan dan jumlah pesanan yang ada di antrian produksi dalam melakukan aktivitas produksi kandang kelinci UMKM Dandellion menemukan keterlambatan dalam pembuatan kandang di karenakan ketersediaan stok bahan dari supplier yang mana dapat menyebabkan tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kandang menggunakan metode kano dengan cara menyebarkan kuisioner kano kepada pelanggan Dandellion untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian yang dilakukan mengatakan terdapat 8 variabel pertanyaan pada kategori Attractive P1 (Apakah harga kandang sebanding dengan kualitas?), P3 (Apakah model kandang aman untuk satwa?), P5 (Apakah ukuran kandang cukup untuk satwa?), P6 (Apakah Anda setuju dengan ketepatan waktu pembuatan kandang?), P7 (Seberapa setuju Anda dengan daya tahan penggunaan kandang?), P9 (Apakah ketebalan kandang mampu menanggung beban?), P11 (Apakah penjual kandang memberikan pelayanan dengan baik?), P12 (Apakah penjual kandang dapat dihubungi/berkomunikasi dengan baik?) dan 4 variabel pertanyaan pada kategori Must-be yaitu P2 (Apakah model kandang mudah untuk dibersihkan dan dirawat?), P4 (Apakah jenis material kuat dan cocok untuk satwa?), P8 (Apakah material tidak mudah berkarat?), P10 (Apakah kandang mudah dibongkar pasang/mudah di pindah?) Kata Kunci: Kano Model, Kepuasan konsumen, Kandang kelinci. ABSTRACT Dandellion MSME is a business that specializes in rabbit farming and offers a wide range of rabbit farming necessities, including feed, vitamins, medicines, and rabbit cages. The company is known for its well-designed and animal-safe rabbit cages. To streamline the ordering process, Dandellion MSME has implemented a pre-order system, particularly for rabbit cages. Under this system, the seller establishes a specific waiting period for customers before the rabbit cage is shipped. The duration of this waiting period varies based on factors such as the complexity of the order and the number of orders in the production queue. However, Dandellion MSMEs have encountered delays in cage production due to stock availability issues with suppliers, which can impact customer satisfaction. Consequently, this research aims to assess customer satisfaction levels with the kennels using the canoe method. Canoe questionnaires will be distributed to Dandellion customers to gauge their satisfaction levels and provide valuable insights. From the results of the research carried out, there are 8 question variables in the Attractive category P1 (Is the price of the cage commensurate with the quality?), P3 (Is the cage model safe for the animals?), P5 (Is the cage size enough for the animals?), P6 (Do you agree with the timeliness of making the cage?), P7 (How much do you agree with the durability of using the cage?), P9 (Is the thickness of the cage able to bear the load?), P11 (Does the cage seller provide good service?), P12 (Does the cage seller be contacted/communicate well?) and 4 question variables in the Must-be category, namely P2 (Is the cage model easy to clean and maintain?), P4 (Is the type of material strong and suitable for animals?), P8 (Is the material not easy to rusty?), Q10 (Is the cage easy to disassemble/easy to move?) Keywords: Canoe Model, Consumer satisfaction, Rabbit cage

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:57
Last Modified: 08 Nov 2024 07:57
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/16651

Actions (login required)

View Item View Item