ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM BATIK FAMILY MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL & IPA

Solekha, Arni and Yuamita, Ferida (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM BATIK FAMILY MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL & IPA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5200611099 Arni Solekha-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)

Abstract

Abstrak Persaingan di dunia industri menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pemasaran sehingga setiap usaha atau bisnis berlomba-lomba untuk membuat pelanggan puas dengan produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan. Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaaan psikologis dari pelanggan setelah menggunakan atau membeli produk atau jasa dari suatu usaha, dari hasil tingkan kepuasan konsumen pemilik usaha dapat menjadikan hal tersebut sebagai evaluasi dengan membandingkan apa yang dirasakan konsumen dan harapan dari pemilik usaha. Pada UMKM Keluarga Batik, penurunan permintaan jasa menjahit dalam 5 bulan terakhir berdampak pada keuntungan atau penurunan keuntungan sebesar 5,76% dan perlu dievaluasi penyebab penurunan tersebut perlu adanya upaya pengendalian permintaan pengendalian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan atribut yang akan dinilai oleh konsumen ditinjau dari tingkat harapan dan kinerja adalah atribut kriteria evaluasi 20. Hasil dengan menggunakan metode SERVQUAL (Kualitas Pelayanan) menunjukkan rata-rata deviasi maksimum sebesar 0,30 dan deviasi minimum sebesar -2,23, sedangkan dengan menggunakan metode IPA (Important Performance Analysis) menghasilkan 9 atribut pada kuadran I, 4 atribut pada kuadran II, 2 atribut pada kuadran III dan 5 atribut pada kuadran IV. Berdasarkan hasil analisis, dua atribut yang diprioritaskan untuk ditingkatkan adalah ketepatan waktu dan kemudahan akses ke tempat kerja. Kata Kunci: IPA (Importance Performance Analysis), Kepuasan Konsumen, SERVQUAL (Service Quality) ABSTRACT Competition plays a crucial role in the industrial sector, as it directly impacts the success of marketing efforts. Every business strives to satisfy customers with their products or services in order to stay ahead in the market. Customer satisfaction refers to the psychological state experienced by customers after using or purchasing a product or service from a company. By assessing the level of consumer satisfaction, business owners can evaluate how well their offerings meet customer expectations. In the case of Batik Family MSMEs, the decline in demand for sewing services over the past five months has resulted in a decrease in profits by 5.76%. It is imperative to analyze the reasons behind this decline and take necessary measures to control the demand. The research conducted for this purpose involved a sample size of 30 individuals who evaluated 20 attributes related to their expectations and the performance of the business. The findings obtained using the SERVQUAL (Service Quality) method revealed an average maximum deviation of 0.30 and a minimum deviation of -2.23. On the other hand, the IPA (Important Performance Analysis) method identified nine attributes in quadrant I, four attributes in quadrant II, two attributes in quadrant III, and five attributes in quadrant IV. Based on the results of the analysis, two attributes that are prioritized for improvement are punctuality and ease of access to the workplace. Keywords: IPA (Importance Performance Analysis), Consumer Satisfaction, SERVQUAL (Service Quality)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:44
Last Modified: 28 Nov 2024 06:44
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/16771

Actions (login required)

View Item View Item