Husna, Ma’rifatul and Nugroho, Andung Jati (2024) USULAN TATA LETAK RUANG PERPUSTAKAAN AN-NABIL MENGGUNAKAN METODE CLASS BASED STORAGE DAN TEKNIK LINE BALANCING. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
5200611206 Ma_rifatul Husna-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
Abstract
ABSTRAK Perpustakaan An-Nabil merupakan salah satu lembaga yang berdiri di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri. Masalah yang dihadapi oleh perpustakaan adalah tata letak yang tidak efisien dengan ruang yang terbatas yaitu 4x3 meter. Visi perpustakaan “Mencerdaskan Santri melalui budaya membaca” terhambat oleh keterbatasan ruang, penataan yang tidak rapi, dan kesulitas dalam pecarian buku akibat kurangnya pengelompokan berdasarkan jenis atau kategori. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut melalui perancangan tata letak baru menggunakan metode class based storage membantu teknik line balancing. Metode class based storage membantu dalam pengelompokan dan penempatan buku berdasarkan kategori untuk mengurangi jarak perpindahan dan mempermudah pencarian, sedangkan teknik line balancing digunakan untuk mengatur tugas kerja pengurus perpustakaan secara merata, guna meningkatkan efisiensi operasional. Hasil perhitungan menunjukan bahwa buku fiksi membutuhkan ruang sebesar 813 meter, buku agama 360 meter , buku kamus 67 meter, buku inventaris 17 meter, dan buku tugas akhir 229,9 meter, dengan total kebutuhan ruang untuk penyimpanan buku sebesar 1486,9 meter. Selain itu, area lain seperti area baca, area komputer, area petugas perpustakaan, dan area serbaguna membutuhkan total luas 1500,98 meter. Implementasi metode ini menghasilkan tata letak baru yang lebih efisien dan optimal, meningkatkan kenyamanan dan efisiensi pengggunaan ruang perpustakaan serta memudahkan proses penyimpanan dan pengambilan dan pengambilan bahan pustaka. Kesimpulannya, perancangan tata letak dengan metode yang tepat mampu meningkatkan kinerja perpustakaan dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kata Kunci: Class Based Storage, Line Balancing, Perpustakaan An-Nabil, Tata Letak Ruang ABSTRACT The An-Nabil Library is one of the institutions established with the support of Nurul Ummah Putri Islamic Boarding School. The library has an inefficient layout and limited space, measuring 4x3 meters. The library's goal of "Enlightening Santri through a culture of reading" is hindered by a lack of space, disorganized arrangement, and difficulty finding books because they are not grouped by type or category. This study aims to address these issues by creating a new layout that utilizes the class-based storage method to aid the line-balancing technique. The storage method based on classes helps to group and organize books by category, reducing the distance they need to be moved and making it easier to search for them. The line balancing technique is utilized to evenly distribute the work tasks of library administrators evenly, aiming to enhance operational efficiency. The results of the calculations indicate that fiction books necessitate 813 meters of space, religious books 360 meters, dictionary books 67 meters, inventory books 17 meters, and final assignment books 229.9 meters, resulting in a total space requirement for book storage of 1486.9 meters. Furthermore, other areas such as reading, computer, librarian, and multipurpose areas require a 1500.98 meters total area. Adopting this approach yields a new layout that is more efficient and optimal, enhancing the comfort and effectiveness of utilizing library space and streamlining the process of storing and retrieving library materials. To sum up, creating a layout with the appropriate method can enhance library performance and offer comfort for its users. Keywords: Class Based Storage, Line Balancing, An-Nabil Library, Space Layout
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:50 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:50 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17293 |
Actions (login required)
View Item |