Bimbingan Klasikal Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bobotsari

IQBAL DWI SAMUDRA, IQBAL (2018) Bimbingan Klasikal Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bobotsari. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK_IQBAL DWI SAMUDRA_BK - checked.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang rendah minat pada pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Bobotsari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan klasikal berbantuan media audio visual dalam meningkatkan minat pada pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII A. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, angket, dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T-test. Penelitian dilaksanakan di SMP Negerti 4 Bobotsari, dengan populasi seluruh kelas 7 (tujuh). Peneliti tidak melakukan penelitian pada seluruh populasi, hanya menggunakan sampel yaitu siswa kelas 7 (tujuh) A yang berjumlah 28 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan klasikal berbantuan audio visual dapat meningkatkan minat belajar matematika terhadap siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Bobotsari dan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan minat belajar matematika setelah diberikan layanan bimbingan klasikal berbantuan audio visual siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Bobotsari Hasil penelitian analisis observasi dan angket menunjukan siswa yang diberikan layanan berada dalam kategori kurang yang ditunjukan dengan hasil observasi dan angket yang secara keseluruhan menunjukan adanya perubahan tentang kemampuan pengambilan keputusan dalam hal minat pada pelajaran matematika. Berdasarkan analisis pre-test dan post-test dengan uji T diperoleh hasil senilai 0,000 < 0,05 artinya, dari data yang diperoleh maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan kata lain adanya efektifitas pelaksanaan bimbingan klasikal berbantuan audio visual untuk meningkatkan minat belajar pada pelajaran matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Bobotsari. Kata Kunci : Minat Belajar, Bimbingan Klasikal, media Audio Visual ABSTRACT This research is motivated by the existence of students who have low interest in mathematics in Bobotsari State Middle School 4. This research was carried out with the aim to find out the effectiveness of classical guidance assisted audio visual media can increase interest in mathematics lessons. This research is PTBK research (Guidance and Counseling Action Research). The subjects of this study were class VII A students. Data collection instruments used in this study were observation guidelines, questionnaires, and interviews. The data analysis technique used in this study is the T-test. The study was carried out at the Bobotsari Middle School 4, with a population of 7 (seven) classes. Researchers did not conduct research on the entire population, only using a sample of 7 (seven) A grade students totaling 28 students. The purpose of this study was to determine the implementation of audio-visual aided classical guidance can increase the interest in learning mathematics for students of class VII A Bobotsari Middle School 4 and to find out whether or not there is an increase in interest in learning mathematics after being given an audio-visual aided classical guidance services of class VII A SMP Negeri 4 Bobotsari The results of observation and questionnaire analysis showed that students who were given services were in the less category as indicated by the results of observations and questionnaires which overall showed a change in decision-making ability in terms of interest in mathematics. Based on the analysis of the pre-test and post-test with the T test obtained results worth 0.000 <0.05 means that from the data obtained, Ha is accepted and H0 is rejected, in other words the effectiveness of the implementation of audio visual assisted classical guidance to increase interest in learning in the lesson math class VII A student of Bobotsari Middle School 4. Keywords: Learning Interest, Classical Guidance , Audio Visual Media.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Bimbingan Klasikal, media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:27
Last Modified: 06 Nov 2018 04:28
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item