REDESAIN PASAR TRADISIONAL BUMIREJA DI KABUPATEN CILACAP Dengan Pendekatan Amusement Market

Saeful Ummam, Alif and Meytasari, Cinthyaningtyas (2019) REDESAIN PASAR TRADISIONAL BUMIREJA DI KABUPATEN CILACAP Dengan Pendekatan Amusement Market. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5140911211-ALIF SAEFUL UMMAM.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan sumber kebutuhan ekonomi masyarakat yang menjadi sumber kehidupan mereka. Secara umum, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Sebelum pasar modern muncul di masyarakat, pasar tradisional menjadi sumber transaksi ekonomi utama. Dewasa ini, pasar modern telah berkembang dan telah mengambil peran pasar tradisional dalam melayani masyarakat, bahkan menjadi tren. Bertambahnya jumlah pasar modern, berdampak pada eksistensi pasar tradisional yang lambat laun mulai dilupakan dan mengalami penurunan jumlah. Pasar tradisional memiliki nilai dari segi sejarah, sosial, dan budaya. Selain itu, ciri khas yang menjadi keunggulan pasar ini adalah adanya interaksi antara penjual dan pembeli saat transaksi, yaitu tawar-menawar, kualitas produk yang disediakan juga terjaga karena di jual dalam keadaan segar. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan untuk membangkitkan citra pasar tradisional agar bisa lestari. Pasar Tradisional Bumireja yang terletak di Desa Bumireja, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, merupakan pasar tradisional yang memerlukan perbaikan, karena tidak memenuhi standar pasar tradisional. Terdapat banyak kelemahan di Pasar Tradisional Bumireja, jika dibandingkan dengan pasar modern, dari segi fasilitas, sistem manajemen, perawatan, dan kenyamanan. Demi membangkitkan kembali kejayaan pasar tradisional, maka perlu adanya perubahan yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Redesain merupakan suatu cara untuk merancang ulang menjadi lebih baik. Pendekatan yang bisa membuat rancangan desain yang menarik diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pendekatan yang diambil adalah amusement market, dengan berbagai teori yang mendukungnya. Pengunjung merupakan tolok ukur yang menjadikan pasar itu hidup. Maka dari itu, perlu adanya sesuatu yang dapat menarik pengunjung ke pasar tradisional agar bisa kembali hidup. Sesuatu yang menghibur dan menyenangkan merupakan hal yang dapat membuat orang lain bahagia dan nyaman. Pendekatan amusement market menekankan pada konsep rancangan yang menghibur dan menyenangkan yang akan menyelesaikan permasalahan pasar tradisional saat ini. Kata kunci: pasar, redesain, menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 11 May 2019 02:21
Last Modified: 11 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item