ANALISIS MODEL PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGAN PDAM TIRTA PERWITASARI

Surya, Putra Hermawan and Yohanes, Anton Nugroho (2019) ANALISIS MODEL PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGAN PDAM TIRTA PERWITASARI. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5140611045 SURYA PUTRA HERMAWAN.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisa hubungan dan pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Perwitasari serta menentukan variabel yang harus diperbaiki demi perbaikan dibidang penyediaan jasa distribusi air bersih. Pada penelitian ini yang digunakan dalam analisis adalah Structural Equation Model (SEM) PLS. SEM merupakan analisis multivariat yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antar variabel secara kompleks. Teknik pengambilan sampel dilakukan pada pelanggan rumah tangga PDAM menggunakan metode cluster random sampling dengan responden sebanyak 50 responden.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang ditunjukkan pada hasil uji model signifikan dengan nilai p-value sebesar 0,003 < 0,05(α). hasil uji t statistik kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan mendapatkan hasil sebesar 0.624 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai kualitas produk, maka tidak berpengaruh terhadap nilai dari kepuasan konsumen. Pada hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa outer model untuk variabel kualitas produk. Nilai AVE pada kualitas produk memiliki nilai > 0.5 dan nilai dari Akar AVE pada kualitas produk sebesar 0,844 lebih besar dibandingkan dengan nilai korelasi antar konstruknya, nilai ini mengindikasikan bahwa penelitian ini memiliki model penelitian dengan descrimiant validity yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa uji outer model terpenuhi pada kualitas produk. Kata kunci: Stuctural Equation Model smart pls, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 29 Jun 2019 03:24
Last Modified: 29 Jun 2019 03:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item