ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS JALAN TOL NGAWI-KERTOSONO Studi Kasus: Ruas Madiun-Caruban dan Ruas Caruban-Wilangan ANALYSIS OF NGAWI-KERTOSONO TOLL ROAD SAFETY SAFETY Case Study: Madiun-Caruban Section and Caruban-Wilangan Section

Sari, Beti Irma and Setiawan, Danny (2019) ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS JALAN TOL NGAWI-KERTOSONO Studi Kasus: Ruas Madiun-Caruban dan Ruas Caruban-Wilangan ANALYSIS OF NGAWI-KERTOSONO TOLL ROAD SAFETY SAFETY Case Study: Madiun-Caruban Section and Caruban-Wilangan Section. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BETI IRMA SARI_5150811061_ABSTRAK TRANSLATE.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembangunan jalan tol merupakan usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat Indonesia agar dapat melakukan aktivitas perekonomian maupun sosial dengan baik dan cepat. Jalan tol dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat, mudah, nyaman, dan lancar. Banyak pengguna jalan yang lalai dengan keselamatan saat berkendara karena terlalu nyaman dengan jalan yang lurus, lancar, dan cepat sehingga menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penyebab seringnya terjadi kecelakaan pada jalan tol ruas Madiun-Wilangan sepanjang 29,51 km. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data dari PT.Jasamarga Ngawi Kertosono berupa data kecelakaan lalu lintas dari April 2018 s/d Februari 2019 dan Kepolisian Resort Kabupaten Madiun berupa dokumentasi kecelakaan. Analisis perhitungan ini menggunakan metode Z-Score dan Cusum dengan mencari daerah rawan kecelakaan Black spot dan Black site. Dalam penelitian ini terdapat daerah rawan kecelakaan dari KM 602 s/d 622 dimana angka Z-Score 1,733 > 0 dan angka Cusum 2,36 > 0 maka di dapat daerah rawan kecelakaan pada hasil black site dan black spot pada lokasi jalan tol Ruas Madiun-Caruban dan Ruas Caruban-Wilangan. Saran dari penelitian perlu dilakukan penyuluhan atau sosialisasi terkait peraturan keselamatan lalu lintas dan ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan. Kata Kunci: Black Spot, Black Site, Lalu Lintas ABSTRACT The construction of toll roads is a government effort in facilitating the Indonesian people to be able to carry out economic and social activities well and quickly. Toll roads can cut travel time to be shorter, easier, more convenient and smooth. Many road users are negligent with safety when driving because they are too comfortable with a straight, smooth, and fast road that causes traffic accidents. Therefore a study was conducted which aimed to determine the cause of frequent accidents on the 29.51 km Madiun-Wilangan toll road. This research was conducted by collecting data from PT. Jasamarga Ngawi Kertosono in the form of traffic accident data from April 2018 to February 2019 and the Madiun District Resort Police in the form of accident documentation. This calculation analysis uses the Z-Score and Cusum methods by looking for accident-prone areas of Black spots and Black sites. In this study there were accident-prone areas of KM 602 s / d 622 where Z-Score 1.733> 0 and Cusum number 2.36> 0 were found to be accident-prone areas of black site and black spots on the Madiun-toll road location Caruban and the Caruban-Wilangan Section. This study suggests the need for counseling or socialization regarding traffic safety regulations and information on road segments where accidents often occur. Keywords: Black Spot, Black Site, Traffic   DAFTAR PUSTAKA [1] PT. Jasamarga Ngawi Kertosono (JNK), (2019). Rekapitulasi Data Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Gambar Tipikal Potongan Melintang, Rekap Data Lalu Lintas Harian Bulanan, Madiun. [2] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. [3] Purnomo, (2011), Hubungan Faktor Personal Dengan Tindakan Mengemudi Agresif Pada Pengemudi Truk Pengangkut Produk, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang. [4] Kartika, M., (2009), Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Depok, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta. [5] Oglesby dan Hick, (1999), Perencanaan Transportasi dan Manajemen Transportasi, Bummu Media, Jakarta. [6] Direktorat Jendral Bina Marga, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia), Departemen Pekerjaan Umum. [7] Hasan I., (2001), Kajian Lalu Lintas dan Analisis Jalan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:43
Last Modified: 30 Jul 2019 07:43
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item