PENGARUH BAHAN TAMBAH POLIMER HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL (AC-WC) THE EFFECT OF ADDITION OF HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) POLYMER TO MARSHALL CHARACTERISTICS IN AC-WC MIXTURE

Wijaya, Dharma Putra Mahardhika and Ismaili, Abul Fida (2019) PENGARUH BAHAN TAMBAH POLIMER HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL (AC-WC) THE EFFECT OF ADDITION OF HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) POLYMER TO MARSHALL CHARACTERISTICS IN AC-WC MIXTURE. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHARMA PUTRA M.W_5150811050.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kerusakan dan penurunan kekuatan perkerasan lentur jalan dapat disebabkan oleh rendahnya kekuatan dan keawetan di dalam lapisan aus dan bahan ikat konstruksi perkerasan jalan. Untuk menanggulangi hal ini maka dibutuhkan suatu bahan tambah yang dapat meningkatkan kinerja aspal. Salah satu cara dalam meningkatkan kinerja aspal adalah dengan memodifikasi aspal menggunakan bahan tambah yaitu polimer. Polimer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa limbah botol plastik jenis High Density Polyethylene (HDPE) sebagai pensubtitusi aspal. Limbah botol plastik di Indonesia banyak dihasilkan setiap tahunya namun sedikit yang dapat memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall pada campuran aspal (AC-WC) dengan bahan atau tanpa tambah potongan botol plastik HDPE 0%, 1%, 2%, 3%, dan 4% pada aspal penetrasi 60/70. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara kering dimana agregat dipanaskan terlebih dahulu pada temperatur campuran dan diaduk selama 30-45 detik, dengan botol plastik sebelumnya sudah dipotong-potong terlebih dahulu secara acak atau tidak seragam lalu diayak lolos saringan No. 4. Selanjutnya dilakukan pengujian karakteristik marshall. Hasil penelitian menunjukan nilai kadar aspal optimum (KAO) yang memenuhi syarat kriteria campuran aspal sesuai Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 yaitu 6,0%. Setelah itu dilanjutkan dengan proses variasi penambahan polimer High Density Polyethylene (HDPE) dengan kadar 1%, 2%, 3%, 4% dihitung dari berat aspal. Dari proses pengujian didapatkan hasil semakin meningkatnya kadar High Density Polyethylene (HDPE) nilai stabilitas yang dihasilkan tidak stabil atau naik turun, dan nilai karakteristik marshall perencanaan perkerasan Laston AC-WC rata-rata tidak memenuhi spesifikasi atau hasil yang lebih baik menggunakan aspal konvensional. Sehingga penggunaan polimer High Density Polyethylene (HDPE) tidak dapat menaikan kinerja aspal. Kata kunci: Aspal, Marshall, Polimer, High Density Polyethylene (HDPE ABSTRACT Damage and a decrease in the strength of flexible road pavement can be caused by the low strength and durability in the wear layer and the pavement construction bond material. To overcome this, an additional material which can improve the performance of asphalt is needed. One way to improve the performance of asphalt is to modify the asphalt using added material, namely polymer. The polymer used in this study was in the form of High Density Polyethylene (HDPE) plastic bottle waste as asphalt substitution. Many plastic bottles in Indonesia are produced every year but few people can use them. This study aims to determine the characteristics of marshall on asphalt (AC-WC) mixture with ingredients or without adding HDPE plastic bottle pieces 0%, 1%, 2%, 3%, and 4% on asphalt penetration 60/70. The method used in this study is in a dry manner where the aggregate is preheated at the mixed temperature and stirred for 30-45 seconds, with the previous plastic bottle cut into pieces randomly or not uniformly then sifted through the No. 4 filter then testing the characteristics of the Marshall. The results showed optimum asphalt content (KAO) that met the criteria for the asphalt mix criteria according to the General Specifications of Bina Marga 2018 which is 6.0%. After that proceed with the process of variations in the addition of High Density Polyethylene (HDPE) polymers with a level of 1%, 2%, 3%, 4% calculated from the asphalt weight. From the testing process, the results of increasing levels of High Density Polyethylene (HDPE) produced stability values are not stable or up and down, and the characteristic value of the Laston AC-WC pavement planning Marshall does not meet specifications or better results using conventional asphalt. So the use of polymers High Density Polyethylene (HDPE) cannot increase the performance of asphalt. Keywords: Asphalt, Marshall, Polymer, High Density Polyethylene (HDPE DAFTAR PUSTAKA ASTM. (1997). Road and Paving Materials Vehicle-Pavement Systems, published By The American Society of Testing Material Officials. Washington D.C. Arianti. Nasrul. Balaka Rudi. (2015). Analisis Pengaruh Penggunaan Polyethylene Terephalate (PET) Terhadap Karakteristik Marshall Sebagai Bahan Tambah Pada Campuran Laston AC-BC. Dinamika Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. Program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. Badan Standardisasi Nasional. (2008). Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Halus. SNI 1970:2008. Badan Standardisasi Nasional. (2008). Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Agregat Kasar. SNI 1969:2008. Badan Standardisasi Nasional. (2008). Cara Uji Keausan Agregat dengan Mesin Abrasi Los Angeles. SNI 2417:2008. Badan Standardisasi Nasional. (2011). Cara Uji Penetrasi Aspal. SNI 2456:2011. Badan Standardisasi Nasional. (2011). Cara Uji Titik Lembek Aspal dengan Alat Cincin dan Bola (Ring and Ball). SNI 2434:2011. Badan Standardisasi Nasional. (2011). Cara Uji Berat Jenis Aspal Keras. SNI 2441:2011. Badan Standardisasi Nasional. (2011). Cara Uji Daktalitas Aspal. SNI 2432:2011. Badan Standardisasi Nasional. (1990). Metode Pengujian Tentang Analisis Saringan Agregat Halus dan Kasar. SNI 03-1968-1990. Badan Standardisasi Nasional. (2008). Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Kasar. SNI 1969:2008. Badan Standardisasi Nasional. (1997). Metode Pengujian Agregat Halus atau Pasir yang Mengandung Bahan Plastik dengan Cara Setara Pasir. SNI 03-4428-1997.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:10
Last Modified: 30 Jul 2019 08:10
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item