PERANCANGAN PUSAT KEBUDAYAAN KAMPUNG WISATA PANDEYAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EDUKASI

Setyawati, Arti and Tisnawati, Endah (2019) PERANCANGAN PUSAT KEBUDAYAAN KAMPUNG WISATA PANDEYAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EDUKASI. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150911159-ARTI SETYAWATI.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yogyakarta adalah kota yang istimewa, baik secara sejarah fisik maupun sejarah non fisiknya. Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar. Kebudayaan yang ada menjadikan Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain mengunjungi objek wisata berupa sejarah dan peninggalan sejarah wisatawan mulai tertarik dengan atmosfer budaya pada setiap sudut kota Yogyakarta terutama pada kampung-kampung yang setiap tempat berbeda-beda. Tujuan dari Pengembangan Konsep Tugas Akhir ini adalah untuk merancang pusat kebudayaan sebagai tempat untuk mengenalkan, menjaga dan mengajarkan kepada masyarakat luas tentang budaya di Yogyakarta khusunya di Kampung Wisata Pandeyan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif mengenai permasalahan yang ada, survey lokasi dan analisis. Dari metode tersebut dihasilkan data-data yang menjadi dasar unutk perancangan. Dari data yang ada di lapangan lokasi yang di rancangan berada di tengah permukiman warga tepatnya di Gg. Rajiman, Jl. Pramuka, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Data yang didapatkan berupa topografi lahan, kondisi site dan sekitarnya, aksesibilitas site. Data-data yang diperoleh di olah dengan menganalisis potensi dan masalah yang ada guna sebagai konsep perancangan. Hasil desain dari perancangan ini adalah mendesain pusat kebudayaan Kampung Wisata Pandeyan sebagai fasilitas bagi masyarakat sekitar dalam pelestarian atraksi seni dan budaya yang ada. Pendekatan edukasi sebagai penghubung dalam pelestarian budaya yang dilakukan, karena edukasi dan budaya memiliki hubungan yang terkait. Pendekatan arsitektur edukasi diimplementasikan dalam bangunan pusat kebudayaan dengan fasilitas edukasi dan desain ruang yang adapat mengedukasi bagi penggunanya. Kata kunci: pusat kebudayaan, arsitektur edukasi ABSTRACT Yogyakarta is a special region in term of physical history or non-physical history. Yogyakarta is well known as city of culture and scholar. The culture makes this city appeal a special attraction for tourist who visits the city. Besides visiting tourism spot of historical heritage, tourist is attracted to cultural atmosphere in every corner of Yogyakarta City especially in the villages. The aim of developing the concept for this thesis is to design cultural center as a place to introduce, preserve, and educate the society about Yogyakarta culture particularly in Tourism Village of Pandeyan. Existed problem, location survey, and analysis were collected using descriptive method. The application of the method obtained basic data for design. Obtained data was in the form of land topography, site condition and surrounding, and site accessibility. From field data, suitable location for the building located in middle of habitation exactly in Gg. Rajiman Jl. Pramuka Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. The data was processed through analysis of existed potency and problem for design concept. The result from this process was a design of cultural center of tourism village in Pandeyan as a public facility for art and culture performance preservation. Education architecture approach as a link to cultural preservation was implemented in the cultural center building. The building is equipped with education facility and educated layout for user. Keywords: cultural center, education architecture

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:48
Last Modified: 31 Jul 2019 04:48
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item