Improving Students’ Vocabulary Skill Using YouTube Videos for the Tenth Graders of SMA Tiga Maret Yogyakarta Meningkatkan Keterampilan Kosakata Siswa Menggunakan Video YouTube Untuk Siswa Kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta

Septiana, Dena Aldila (2020) Improving Students’ Vocabulary Skill Using YouTube Videos for the Tenth Graders of SMA Tiga Maret Yogyakarta Meningkatkan Keterampilan Kosakata Siswa Menggunakan Video YouTube Untuk Siswa Kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dena Aldila Septiana.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

This research was aimed at finding out whether teaching vocabulary by using YouTube videos was effective or not. This was an action research. It was done based on Kemmis and MrTaggart design. The research was conducted in three meetings containing four steps, namely planning, observation, action, and reflection. The subject of the research was the Tenth Graders of SMA Tiga Maret Yogyakarta, consisting of 16 students. The instrument used was a test. The finding of the research indicated the students’ vocabulary improvement of using YouTube videos was shown by students’ grades in the test. The students had positive responses to the implementation of YouTube videos in teaching vocabulary. It improved the students’ vocabulary skill. The improvement can be seen from the comparison of the students’ scores in the pre-test and post-test. The atmosphere of the classroom became conductive. The students were more active, and brave enough to speak up. Most of the students paid attention to the researchers’ explanation and could understand new vocabularies as well. Key words: improving, vocabulary, YouTube, video, learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran kosa kata dalam bahasa Inggris menggunakan video YouTube efektif atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan berdasarkan desain Kemmis dan Mr Taggart. Penelitian dilakukan dalam tiga pertemuan yang berisi empat langkah, yaitu perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta yang terdiri dari 16 siswa. Dengan menggunakan tes sebagai alat untuk menguji kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan nilai siswa setelah melakukan pengajaran kosa kata menggunakan video dari YouTube, yang ditunjukkan oleh nilai siswa dari pre-test dan post-test. Siswa memberikan respon positif terhadap implementasi video YouTube dalam pengajaran kosa kata. Itu dapat meningkatkan keterampilan kosakata siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor siswa pada pre-test dan post-test. Ini berarti bahwa mengajar kosa kata dengan menggunakan video dari YouTube berhasil. Suasana ruang kelas menjadi konduktif. Para siswa lebih aktif, dan lebih berani untuk berbicara di kelas. Sebagian besar siswa dapat memperhatikan penjelasan peneliti dan dapat memahami kosa kata baru dengan baik.. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: improving, vocabulary, YouTube, video, learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kaprodi S1 Pend. Bahasa Inggris UTY
Date Deposited: 29 Feb 2020 05:21
Last Modified: 29 Feb 2020 05:21
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item