PERANCANGAN MAL PELAYANAN PUBLIK TERPADU KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN, KEPULAUAN RIAU DENGAN PENDEKATAN CONVENIENCE PLACE

Suharbiansyah, Mohammad and Putro, Angling Randhiko (2020) PERANCANGAN MAL PELAYANAN PUBLIK TERPADU KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN, KEPULAUAN RIAU DENGAN PENDEKATAN CONVENIENCE PLACE. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
62. 5160911054-MOHAMMAD SUHARBIANSYAH.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perancangan Mal Pelayanan Publik Terpadu Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau adalah merancang pusat pelayanan publik satu atap yang berisi pelayanan pusat dan pelayanan bisnis dengan tempat yang nyaman dan mempermudah segala pelayanan yang di butuhkan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap semua masyarakat. Kabupaten Karimun masuk zona merah dalam penilaian kepatuhan standar pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, zona merah artinya memiliki kepatuhan yang rendah (tidak/belum) patuh. Kabupaten Karimun merupakan daerah kepulauan, Sehingga untuk, mengoptimalkan reformasi, Birokrasi dibutuhkan pusat pelayanan publik dalam satu atap, sehingga memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan dan efisien dalam memberikan pelayan kepada masyarakat. Dalam Perancangan Mal Pelayanan Publik Terpadu Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, penulis menyelesaikan permasalahan dengan mengeksplorasi pendekatan Convenience Place dengan mengoptimalkan beberapa elemen seperti equality, equity, loyality, responsibility, kemudahan mencari ruang dan tempat, kemudahan pengguna, kemudahan pencapaian, the quality of being suitable useful, anything that makes for an easier life, safety, dan security, dari elemen tersebut ialah cara untuk meningkatkan kualitas kepuasan masyarakat dengan mengutamakan kenyamanan tempat dan kemudahan. Solusi yang diterapkan dalam Perancangan Mal Pelayanan Publik Terpadu Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun ialah dengan cara membuat modul setiap ruang dengan menghitung sirkulasi, studi gerak setiap pengguna dan penataan furniture, ini bertujuan supaya tidak terjadinya cross circulation, dengan mengidentifikasi setiap pelayanan dan ruang layanan, supaya konsep ruang yang terintegrasi, serta konsep bentuk gubahan massa, konsep material bangunan, konsep utilitas dengan mengefisiensi energi, ini bertujuan untuk mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan. Kata kunci: Perancangan, Mal Pelayanan Publik Terpadu, Karimun, Convenience Place ABSTRACT The design of the Integrated Public Service Mall, Karimun District, Karimun Regency, Riau Islands is to design a one-stop public service center which contains central services and business services in a comfortable place and facilitates all services needed by the community with easy access to all people. Karimun Regency is included in the red zone in the assessment of compliance with public service standards by the Ombudsman Representative of the Riau Islands Province, meaning that it has low compliance (not / not yet). Karimun Regency is an archipelago, so to optimize bureaucratic reform, a public service center under one roof is needed, so as to provide convenience, speed, affordability and efficiency in providing services to the community. In the Design of Integrated Public Service Mall, Karimun District, Karimun Regency, the author resolves the problem by exploring the Convenience Place approach by optimizing several elements such as equality, equity, loyalty, responsibility, ease of finding space and place, ease of use, ease of achievement, the quality of being suitable. useful, anything that makes for an easier life, safety, and security, from these elements is a way to improve the quality of community satisfaction by prioritizing comfort and convenience. The solution applied in the Design of Integrated Public Service Mall, Karimun District, Karimun Regency is by making a module for each room by calculating circulation, studying the movement of each user and arranging furniture, so that cross circulation does not occur, and by identifying each service and service space, the concept space will be integrated. The concept of mass composition, the concept of building materials, the concept of utility with energy efficiency aims to reduce the amount of energy required. Keywords: Design, Integrated Public Service Mall, Karimun, Convenience Place

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:24
Last Modified: 23 Sep 2020 07:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item